PDIP Umumkan Pasangan Cagub-Cawagub 4 Provinsi, Cagub Maluku Irjen Murad Ismail

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri saat mengumumkan pasangan cagub-cawagub 4 provinsi, di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Minggu (17/12)

Jakarta, Sayangi.Com– Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan empat pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang diusung PDI Perjuangan pada pilkada serentak tahun 2018.

Keempat pasangan Cagub-Cawagub itu adalah,
1. Riau: Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno,
2. Sulawesi Tenggara: Asrun-Hugua,
3. Maluku: Irjen Pol. Murad Ismail-Barnabas Orno,
4. Nusa Tenggara Timur: Marianus Sae-Emilia J Nomleni.

“PDI Perjuangan memilih calon kepala daerah bukan sekadar tokoh populer, tapi dengan pertimbangan berjiwa pemimpin, serta memiliki komitmen untuk membangun rakyat dan daerahnya,” kata Megawati Soekarnoputri, di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Minggu (17/12).

Acara ini dihadiri para pasangan cagub-cawagub dari keempat provinsi tersebut serta sejumlah pengurus DPP PDI Perjuangan.

Murad Direstui Kapolri

Komandan Korps Brigade Mobil (Brimob) Mabes Polri Inspektur Jenderal Murad Ismail menyatakan akan mengundurkan diri dari Polri pada awal Januari 2018, saat dirinya resmi mendaftar sebagai calon gubernur pada Pilkada Maluku Tahun 2018.

“Begitu pendaftaran, saya akan mengajukan surat pengunduran diri dari Polri,” kata Murad Ismail, di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Minggu (17/12).

Selain dukungan dari PDIP, Murad mengklaim sudah mendapat dukungan dari parpol lain yakni NasDem, Hanura, PKPI, PAN, dan PPP. Dukungan terbaru ia dapat dari PDIP yang memasangkannya dengan Barnabas Orno, kader PDIP yang kini menjabat Bupati Maluku Barat Daya.

Murad mengaku ingin membangun kampung halamannya, dan sudah berkomunikasi dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

“Pada prinsipnya pimpinan Polri sangat support,” katanya.

Saat mengumumkan nama Murad Ismail sebagai calon gubernur yang akan diusung di Pilkada Maluku 2018, Megawati mengatakan bahwa ia memilih Murad antara lain karena memiliki latar belakang yang bagus dalam aspek hukum.

Megawati berpesan, jika berhasil memenang pada Pilgub Maluku, Murad dan Barnabas bisa aktif membantu Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam memberantas ilegal fishing di perairan Maluku.

“Maluku, banyak kepala daerahnya terkena masalah hukum. Jadi untuk membantu Bu Susi memerangi ilegal fishing ada ini orangnya gede, Irjen Polisi Murad Ismail. Dia komandan Brimob Polri. Cawagubnya Barnabas dia Bupati Maluku Barat Daya, kader PDIP,” kata Megawati.