Israel Klaim Musnahkan Terowongan Gaza

Foto Daily Mail
Foto Daily Mail

Tel Aviv,Sayangi.com- Militer Israel mengatakan pada hari Minggu bahwa pihaknya telah menghancurkan sebuah terowongan serangan yang dibangun oleh kelompok militan Hamas.

Terowongan tersebut yang membentang sepanjang Jalur Gaza, melalui Israel dan ke Mesir, dan yang melewati pos militer Israel serta jaringan pipa gas dan bahan bakar.

Warga di Jalur Gaza membenarkan bahwa jet-jet Israel mengebom sebuah daerah di sebelah timur kota Rafah di bagian selatan Jalur Gaza, dari perbatasan Mesir dan Israel, pada Sabtu malam

Semantara itu Juru bicara militer Letnan Kolonel Jonathan Conricus mengatakan bahwa terowongan sepanjang 1,5 kilometer itu berada di bawah perbatasan perbatasan Kerem Shalom. Wilayah ini adalah titik masuk utama Gaza untuk bantuan kemanusiaan.

Conricus mengatakan bahwa jet-jet Israel menyerang sebagian terowongan dan satu set “alat” canggih menghancurkan sisanya. Dia juga mengatakan bahwa pasukan Israel elah memantau pembangunannya untuk beberapa waktu

Israel telah membuat penetrasi ancaman terowongan menjadi prioritas utama sejak perang 2014, ketika beberapa pejuang Hamas melakukan beberapa langkah ke Israel. Meskipun mereka tidak berhasil mencapai daerah sipil, infiltrasi tersebut membuat Israel lengah, menewaskan lima tentara dalam satu serangan, dan membuat penduduk setempat ketakutan.

Operasi hari Minggu menandai terowongan ketiga yang telah dihancur Israel selama dua bulan terakhir. Conricus mengatakan ini tidak menandai “lebih sama” karena melibatkan teknologi paling maju yang digunakan Israel.

“Kami sekarang memegang sebuah metode, sebuah sistem terorganisir untuk menghancurkan terowongan teror” katanya pada briefing pagi kepada awak media. “Ini adalah misi kunci bagi kami dan niat kami adalah membiarkan yang sepi dan untuk mencegah Hamas agar terus membangun rintangan.”

Hamas pada awalnya mengatakan sebuah terowongan penyelundupan yang khas telah hancur, namun tidak mendapat tanggapan segera atas pengumuman Israel tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam serangan udara Israel. Pembongkaran sebuah terowongan milik kelompok militan Jihad Islam pada bulan Oktober membunuh puluhan militan.

Sementara itu Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman  tidak menentukan alat mana yang digunakan.  Sebelumnya  Israel mengatakan bahwa sistem barunya melibatkan unit tempur, intelijen militer, logistik dan penelitian untuk menghancurkan terowongan.

Militer merilis foto dan video terowongan yang lebar dengan dinding berpanel beton. Terkait peristiwa diatas, Mayjen Yoav Mordechai, yang mengepalai COGAT, badan pembela yang bertanggung jawab atas masalah sipil Palestina, mengatakan kepada stasiun TV Alhurra berbahasa Arab bahwa Israel memiliki informasi tentang terowongan lainnya.

Kami akan “segera, akan mendengar tentang pengungkapan terowongan yang ada.

Sumber: abc news