Ratusan Ribu Penduduk Yunani Tuntut Negara Macedonia Tukar Nama

Foto AFP
Foto AFP

Athena,Sayangi.com- Diperkirakan lebih dari 50.000 ribu orang tumpah berkumpul di jalan-jalan Yunani utara Thessaloniki pada hari Minggu melakukan unjuk rasa.

Para demontran tersebut menuntut agar Macedonia tidak digunakan menjadi nama negara. Seperti diketahui Macedonia Tengah, di Yunani merupakan tujuan wisata paling populer di negara ini.

Pada tahun 1991 negara Macedonia, tetangga provinsi ini, mendeklarasikan kemerdekaan dikenal sebagai Republik Macedonia. Negara tersebut merupakan Bekas Yugoslavia atau FYROM.

Sejak tahun itu Athena telah menentang dan berpendapat bahwa nama Macedonia wilayahnya telah dinamai Macedonia sejak Alexander Agung juga dikenal sebagai Alexander III dari Macedonia. Ia telah memerintah di tahun 336 SM. Macedonia dulunya merupakan Yunana kawasan pusat kerajaan kuno Alexander Agung, sebuah sumber kebanggaan Yunani.

Para demontran berkumpul di sekitar patung Alexander Agung di Thessaloniki. Perwakilan dari partai oposisi utama, New Democracy, juga hadir meski ada perintah diam-diam dari pemimpin liberal Kyriakos Mitsotakis untuk memboikot demonstrasi tersebut.

Para demonstarn berkostum tradisional telah melakukan perjalanan dari pulau selatan dengan kuda mereka. Demontsran yang dari wilayah utara Yunani mengenakan kostum dari era perang Macedonia satu abad yang lalu. Mereka berkumpul di Menara Putih di tepi perairan Thessaloniki mulai pagi hari.

Yunani dan Macedonia kembali ke meja perundingan PBB minggu lalu. Kedua negara ini dengan harapan bisa mencapai kompromi yang bisa mengakhiri perselisihan 27 tahun atas nama republik Yugoslavia tersebut.

Keberatan Yunani terhadap penggunaan nama Macedonia sejak kemerdekaan negara Balkan pada tahun 1991 telah menghambat upaya negara kecil tersebut untuk bergabung dengan Uni Eropa dan NATO.

Perunding PBB Matthew Nimetz untuk persoalan diatas pada pekan lalu mengatakan bahwa dia “sangat berharap” sebuah solusi dapat dicapai.

Pada tahun 1992, lebih dari satu juta orang atau 10 persen dari populasi Yunanai bergabung dalam sebuah demonstrasi di Thessaloniki . Demontsrasi saat itu untuk mengumumkan bahwa “Macedonia adalah bahasa Yunani”.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras diperkirakan akan bertemu dengan rekannya dari Macedonia Zoran Zaev di Davos minggu depan.

Tsipras mengatakan dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Minggu: “Jika ada kesempatan untuk sebuah solusi, itu adalah kebodohan nasional untuk tidak memanfaatkannya dengan baik. ”

Namun, dia mengatakan kepada surat kabar Ethnos bahwa dia bisa memahami “keprihatinan dan kepekaan” orang-orang Yunani di utara.

Macedonia dikenal sebagai negara Republik Macedonia bekas pecahan Yugoslavia Republik Makedonia (FYROM) di PBB. Namun Dewan Keamanan PBB mengakui bahwa ini adalah nama sementara ketika mereka menyetujui keanggotaan.

Pada tahun 2004, Presiden Amerika Serikat (AS) George W Bush memicu kemarahan di Yunani saat dia mengakui FYROM sebagai Macedonia. Saat itu semua sekutu NATO, selain Turki, telah bergabung dengan Yunani untuk tidak mengakui nama baru negara pecahan Balkan tersebut.

sumber : france24.com