BPH Migas Akan Evaluasi Harga Jual Gas Bumi Golongan Rumah Tangga di Enam Wilayah

Kegiatan Public Hearing di kantor BPH Migas, Jakarta, Rabu (24/1). (Foto: Sayangi.com/ Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) akan mengevaluasi harga jual gas bumi golongan rumah tangga di enam wilayah Indonesia. Evaluasi dilakukan setelah dua perusahaan, yakni PT. Pertagas dan PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) mengajukan harga evaluasi.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komite BPH Migas Hari Pratoyo mengatakan, pihaknya melakukan public hearing mengenai evaluasi itu. Public hearing sendiri dihadiri oleh perwakilan dari pemerintah daerah dan dua perusahaan gas tersebut.

Public hearing, kata Hari, dilakukan untuk mendengar masukan dari pihak pemerintah daerah dan perusahaan gas terkait, untuk memastikan berapa harga yang sesuai untuk golongan wilayah di enam daerah. Sehingga diharapkan nantinya harga jual yang ditetapkan dapat terjangkau seluruh kalangan masyarakat.

“Untuk itu kami berharap ada masukan untuk menetapkan harga jual gas rumah tangga. Sehingga nanti hasilnya bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Hari di kantor BPH Migas, Jakarta Selatan, Rabu (24/1).

Menurut Hari, Pertagas dan PGN akan bertanggungjawab di wilayah yang berbeda-beda. Sehingga harga yang dicantumkan di tiap daerah juga berbeda-beda.

Untuk wilayah Lampung ditangani oleh PGN, untuk rumah tangga 1 Rp5.048 per meter kibik, rumah tangga 2 Rp7.067 per meter kibik, Pali ditangani oleh Pertagas Niaga, untuk golongan rumah‎ tangga 1 Rp5.010 per meter kibik dan golongan rumah tangga 2 Rp9.519 per meter kibik. Sementara, wilayah Musi Banyuasin ditangani oleh PGN untuk golongan rumah tangga Rp6.227 per meter kibik dan rumah tangga 2 Rp8.718 per meter kibik.

Selain itu, untuk wilayah Mojokerto rumah tangga 1 Rp4.350 per meter kibik, rumah tangga 2 Rp8.987 per meter kibik, untuk wilayah Samarinda ditangani oleh Pertagas untuk golongan rumah tangga 1 Rp5.010 per meter kibik dan rumah tangga 2 Rp9.519 per meter kibik. Wilayah Muara Enim oleh Pertagas Niaga untuk golongan rumah tangga 1 Rp5.760 per meter kibik, rumah tangga 2 Rp8.640 per meter kibik.

Hari menuturkan, harga yang ada telah didasari oleh perhitungan yang matang. Selain mengevaluasi, pihaknya juga telah mencari harga yang paling terjangkau oleh seluruh kalangan masyarakat.

“BPH Migas telah mengevaluasi harga yang diajukan badan usaha, khususnya untikr daerah Muara Enim, Pali, Musi Banyuasin, Lampung, Kabupaten Mojokerto,” pungkasnya.