Kanada Tawarkan Pemuda Indonesia Kesempatan Belajar Sambil Bekerja

Dubes Kanada untuk Indonesia H.E. Peter MacArthur.Foto Istimewa
Dubes Kanada untuk Indonesia H.E. Peter MacArthur.Foto Istimewa

Jakarta,Sayangi.com – Peter MacArthur Duta Besar Kanada untuk Indonesia telah membuka pameran pendidikan Kanada atau EduCanada pada Minggu (11/2). Pameran tersebut digelar di Hotel Shangrila dan hanya hanya satu hari saja. Pameran pendidikan tersebut  menghadirkan 19 institusi pendidikan Kanada.

Saat sambutan pada pembukaan pameran MacArthur mengundang anak-anak muda Indonesia untuk sekolah dan berkuliah di Kanada. Dia menurutkan Kanada sangat terbuka terhadap orang asing, karena hampir setengah warga Kanada adalah pendatang atau warga keturunan.

MAcArthur juga menuturkan bahwa Kanada adalah negara nomor satu dalam indeks negara dengan kualitas hidup terbaik. Dan berada di peringkat enam di Dunia sebagai negara paling bahagia di dunia. Tak kalah penting Kanada terpilih sebagai negara yang paling ramah di dunia.

Pendidikan Kanada tidak hanya sebatas hanya kualitas gelar, diploma dan sertifikasi. Lulusan Kanada dihargai dan diakui di seluruh dunia. Selain itu Kanada juga memberikan proses izin belajar sederhana dan yang terpenting, siswa internasional dapat bekerja di Kanada setelah studi mereka.

Di sini, saya mengacu pada Program Izin Kerja Pasca Sarjana, yang merupakan keuntungan luar biasa bagi siswa internasional mendapatkan ijin kerja terbuka sampai tiga tahun,” ucap MacArthur.

“Siswa mendapatkan manfaat dari pengalaman kerja di Kanada yang akan memposisikan dalam jenjang karir yang sukses di pasar global. Fakta yang banyak dipilih untuk tinggal di Kanada, setelah studi mereka, mencerminkan hal yang positif pengalaman siswa internasional, baik di dalam maupun di luar ruang kelas.

Semua ini disediakan dalam lingkungan belajar itu berkualitas tinggi, beragam, dan satu-satunya,” imbuhnya.

MacArthur juga menambahkan, pihaknya juga memiliki sebuah program khusus bagi warga Asean yang bernama Canada-ASEAN Scholarships and Educational Exchanges for Development (SEED).

Program ini menyediakan siswa dari negara anggota ASEAN lewat pertukaran jangka pendek untuk studi atau penelitian di institusi pasca sekolah menengah Kanada. Kesempatan tersebut berlaku untuk tingkat perguruan tinggi, sarjana, dan pascasarjana.