• Rabu, 10 Juli 2013 10:12
  • Oleh: 
Peta pembangunan jalan tol Cikampek-Palimanan Peta pembangunan jalan tol Cikampek-Palimanan

Cirebon, Sayangi.com - Pembangunan  tol jalan tol Cikampek - Palimanan (Cipali) sepanjang 116 kilometer dimulai. Proyek di pantai utara Jawa ini dinilai akan menguntungkan 5 Kabupaten yakni Purwakarta, Subang, Majalengka, Indramayu dan Cirebon.

Ketua Panitia Pembebasan Tanah (TPT) Eten Roseli kepada wartawan di Cirebon, Rabu (10/7), mengatakan jalan tol Cikampek-Palimanan itu akan meningkatkan aksesibilitas dan menarik investasi, sehingga bisa dipastkan memicu percepatan pembangunan di daerah-daerah itu.

Sebelumnya, katanya, jalan dari Kabupaten Subang harus menuju Pamanukan yang jarak tempuhnya cukup jauh, namun setelah selesai jalan tol Cipali akan ada jalan baru yang membuka hubungan Kabupaten Subang tersebut.

Sementara itu Usman salah seorang pengusaha di Subang mengaku jalan tol Cikampek-Paliman akan meningkatkan berbagai sektor usaha di Kabupaten Subang, terutama pariwisata. Pintu masuk Kabupaten Subang melalui jalan tol Cipali, kata dia, akan mengundang sejumlah investor, jelas menguntungkan sekali dan pembangunan lebih cepat, sehingga tingkat ekonomi masyarakat berkembang.

Proyek tol Cikampek-Palimanan (Cipali) sepanjang 116 kilometer ditargetkan rampung pada Juni 2015. Saat ini proses pembangunan mulai berjalan setelah pinjaman tahap awal senilai Rp 1 triliun dari total kebutuhan Rp 8,8 triliun sudah dicairkan. Dengan asumsi kecepatan kenderaan 60-80 km/jam, jarak tempuh Cikampek Palimanan yang biasanya 4 jam akan menjadi sekitar 1,5-2 jam saja.

Pembangunan jalan bebas hambatan ini dibiayai dengan kredit sindikasi 22 bank dengan komitmen pinjaman total Rp8,8 triliun, ujar Muhammad Fadzil, Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya (LMS) yang menjadi pemenang tender proyek tol Cipali, Rabu (26/6).

Pembangunan jalan tol akan menciptakan manfaat ekonomi yang tinggi bagi masyarakat di sekitar proyek. Karena itu, pihaknya berharap dukungan seluruh pihak agar pembangunannya segera selesai. "Hingga Juni, progres konstruksi pada seluruh ruas tol Cipali sudah mencapai 4,4 persen dari target tiga persen," ujar Fadzil. (HST)

Topik Berita