• Selasa, 11 Maret 2014 15:14
  • Oleh:  Tri Harningsih
Cecep, kader PDIP yang mencuci kaki Megawati dengan sebotol air mineral dan kemudian meminum air bekas cucian kaki tersebut Cecep, kader PDIP yang mencuci kaki Megawati dengan sebotol air mineral dan kemudian meminum air bekas cucian kaki tersebut Foto: Twitter

Majalengka, Sayangi.com - Jagad dunia maya kembali dihebohkan dengan beredarnya foto seorang kader PDIP yang tengah meminum air bekas cucian kaki Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri.

Pada foto pertama terlihat seorang kader PDIP yang diketahui bernama Cecep Ondon Iskandar (68), tengah membasuh kaki Megawati Soekarnoputri dengan sebotol air mineral dalam sebuah wadah.

Dan di foto kedua, tampak Cecep kemudian meminum air bekas cucian kaki Megawati tersebut.
Sebagaimana dikutip salah satu situs berita lokal, pria kelahiran Tomo, Kabupaten Sumedang itu mengaku tidak merasa jijik melakukan hal tersebut. Cecep justru menyebut bahwa dirinya bangga telah berhasil melakukan apa yang ia cita-citakan sejak dulu.

Ayah yang telah dikaruniai empat anak ini mengaku memang telah bertekad sejak lama, bahwa sebelum meninggal, dirinya ingin dan akan membasuh kaki Mega, lalu meminum air bekas cucian kaki tersebut dan membasuhkannya ke wajah. Dan kesempatan tersebut ia dapatkan saat Mega mengadakan kunjungan ke Majalengka.

Cecep mengaku sudah meminta izin kepada Ketua DPC PDIP Majalengka Sutrisno untuk melakukan keinginannya tersebut. Dan Cecep mengungkapkan betapa ia bersyukur karena telah diizinkan Mega untuk melakukan hal tersebut kala itu.

Foto fenomena minum air bekas cucian kaki Megawati tersebut kemudian menjadi salah satu topic terhangat di beberapa jejaring sosial. Tak hanya di forum Kaskus, foto tersebut kemudian menuai banyak komentar di jejaring twitter bahkan facebook. Ada yang terheran-heran bahkan ada yang mencibir bahkan menyebut hal tersebut menjijikan.

“Kelewat pintar itu kader RT,” tulis pemilik akun twitter @Tonim1908, Selasa (11/3/2014).
"Wow loyalitas mutlak, ada yang salah," tulis seorang facebooker bernama Muhamad Hidayat.
“Jaman sdh sgini modern masih ada jg yg seperti ini…>>Heboh Minum Bekas Air Cuci Kaki Megawati @PDIPerjuangan,” tulis akun atas nama @gareng2013.
"Mendadak gak selera makan," tulis pengguna akun twitter @farmillah.

Menanggapi fenomena foto tersebut, Wasekjen PDIP Hasto Kristianto mengatakan bahwa kejadian itu hanya sebuah bentuk kekaguman yang luar biasa terhadap Bung Karno dan Megawati Soekarnoputri karena bisa membangun kekuatan seperti membawa ketenangan atau kesejahteraan.

Hasto menilai, foto tersebut hanya sebagai kampanye negatif, lantaran PDIP sendiri tidak pernah menyaratkan para kadernya yang ingin menjadi caleg untuk meminum air bekas cucian kaki tersebut.(GWH)