Ratusan truk yang akan menyebrang ke Pulau Sumatera antre menunggu giliran masuk kapal feri di Pelabuhan Merak, Banten, Ratusan truk yang akan menyebrang ke Pulau Sumatera antre menunggu giliran masuk kapal feri di Pelabuhan Merak, Banten, Foto: Antara

Merak, Sayangi.com - Panjang antrean truk yang hendak menuju Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu malam, kurang lebih 4 kilometer.

"Kepadatan kendaraan truk itu karena arus mudik pada H-5 meningkat," kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo di Merak.

Ia mengatakan bahwa antrean truk tersebut mulai dari pintu gerbang Tol Merak--Jakarta sampai dermaga Pelabuhan Merak.

Kemacetan kendaraan di Jalan Cikuasa Cilegon terjadi sejak pagi sampai malam hari.

Kemungkinan ASDP Merak pada H-4 atau Minggu (4/8) angkutan truk dilarang memasuki lintasan dermaga pelabuhan sebab arus mudik terus meningkat sehingga angkutan tidak diperbolehkan memasuki dermaga Pelabuhan Merak.

"Kami menargetkan malam ini semua angkutan truk bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung," katanya.

Berdasarkan data penumpang pada H-5, tercatat 25.252 orang dan terjadi kenaikan dibandingkan dengan jumlah penumpang pada hari sebelumnya.

Meskipun terjadi kenaikan, arus mudik berjalan lancar.

"Kami terus bekerja keras untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pengguna jasa angkutan penyeberangan," katanya.

Dari pantauan, ribuan kendaraan pribadi, bus, truk, dan sepeda motor memadati Dermaga Pelabuhan Merak dan seluruh angkutan dan penumpang bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Kami lega setelah dua jam mengantre bisa naik ke atas kapal," kata Kusnadi, penumpang tujuan Palembang. (RH/ANT)

Topik Berita