• Rabu, 04 September 2013 21:19
  • Oleh:  Febri S
Ruang Hitung Cepat yang memenangkan Herman Deru Menang dalam Pilgub Ulang Ruang Hitung Cepat yang memenangkan Herman Deru Menang dalam Pilgub Ulang Foto : Sayangi.com/Febri S

Palembang, Sayangi.com - Tim Pemenangan Herman Deru-Maphilinda Boer (Derma) salah satu kandidat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Ulang Sumatera Selatan mendadak menggelar konfrensi Pers di Hotel Grand Zuri Palembang ketika mencermati penghitungan cepat (quick count) oleh lembaga survey Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) yang dinilai curang.

"Lembaga Survey Puskaptis kami nilai sudah tidak independen dan menyajikan data yang manipulatif," kata Alferenzi Panggarbesi, salah seorang Tim Pemenangan yang didampingi oleh Suparman omans dan Sahri Oesman kepada pers Rabu (4/8) sore.

Menurutnya, sungguh tidak masuk diakal, setelah suara masuk 92 persen lalu secara drastis berbalik. Ketika di posisi 92 persen, pasangan Nomor urut 3 (Derma) unggul 41,10 persen, sedangkan pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki mendapatkan 38,67 persen.Tetapi setelah itu, suara berbalik memenangkan pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki dengan perolehan suara, 39,47 persen dan pasangan Derma 34,47 persen.

"Inilah yang membuat kami protes, dan Untunglah Husin Yazid sebagai pimpinan Puskaptis mengklarifikasi kesalahan tersebut dan menyatakan Derma unggul," jelas Alfrenzi kesal.

Senada dengan Alfrenzi, Suparman Roman Tim Koalisi Partai Pendukung Pasangan Derma menyatakan, sangat disayangkan, lembaga survey yang kredibel tapi dikotori dengan

hal-hal seperti ini. Pihaknya menduga, Puskaptis telah tergoda oleh pihak kandidat lawan politik (petahana Alex Noerdin) yang selama ini memang telah terbukti curang.

"Kami yakin, pasangan Herman Deru-Maphilinda Boer unggul dalam Pilkada Sumsel ini, dan Sumsel telah berganti gubernur" tegas Suparman dengan lantang dan disambut tepuk tangan dan teriakan pendukung derma. (MARD)