• Minggu, 20 Oktober 2013 22:01
  • Oleh: 

Surabaya, Sayangi.com - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur menetapkan total jumlah pemilih yang termasuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Umum 2014 di provinsi setempat yakni 30.545.935 orang.

"Kami telah melakukan pleno dan sudah menetapkan DPT. Jumlah ini sudah lengkap dari 38 kabupaten/kota di Jatim," kata Komisioner KPU Jatim, Agus Mahfud Fauzi, setelah menggelar pleno di Surabaya, Minggu.

Rapat yang berlangsung sejak sore hingga malam hari tersebut juga menetapkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 86.392 yang tersebar di 664 kecamatan atau 8.501 desa/kelurahan se-Jatim.

Dalam Pemilu yang diselenggarakan 9 April tahun depan tersebut, jumlah pemilih perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki. Rinciannya, 15.515.364 pemilih perempuan dan 15.030.571 pemilih laki-laki.

Agus menjelaskan jumlah DPT tersebut sudah final dan mengikat karena hari Minggu ini merupakan batas akhir penetapan daftar pemilih. Sebenarnya, kata dia, KPU Jatim sudah melakukan rekapitulasi sejak tiga hari lalu.

Hanya saja, dari 38 kabupaten/kota di Jatim, tiga daerah di antaranya belum termasuk dalam daftar karena belum sesuai dengan data yang dimiliki Panitia Pengawas Pemilu daerah setempat.

"Ketiganya masing-masing Kabupaten Malang, Kabupaten Sidoarjo dan Kota Madiun. Tapi setelah dilakukan pleno rekapitulasi perbaikan, semuanya sudah terselesaikan," kata dia.

Mantan anggota KPU Ponorogo tersebut juga mengungkapkan, jika masih ada temuan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi maupun Panwaslu daerah maka pihaknya tidak bisa semena-mena merubah kembali karena harus menggelar konsultasi terlebih dahulu dengan KPU Pusat.

"Sementara belum ada aturan yang memperbolehkan perubahan. Sebab hari ini merupakan hari terakhir DPT di tingkat provinsi," kata Agus.

Pemilihan Umum Legislatif berlangsung 9 April 2014. Kali ini, KPU Pusat menetapkan 12 partai politik yang termasuk sebagai peserta Pemilu.

Masing-masing, Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, PPP, Partai Hanura, Partai Bulan Bintang dan PKPI. (antara)

Topik Berita