Kampus Universitas Pendidikan Ganesha, siap buka kelas online Kampus Universitas Pendidikan Ganesha, siap buka kelas online Foto: undiksha.ac.id

Singaraja, Sayangi.com - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali, menyiapkan program kuliah jarak jauh dengan menggunakan perangkat teknologi informasi.

"Sebenarnya, kuliah jarak jauh ini sudah kami lakukan sejak ada program PGSD (Pendidikan Guru Sekokah Dasar)," kata Rektor Undiksha Prof. Dr. Nyoman Sudiana di Singaraja, Kabupaten Buleleng, Sabtu (27/7). Menurut dia, kuliah jarak jauh program PGSD sudah berlangsung dalam tiga angkatan. Saat ini kuliah jarak jauh akan diterapkan pada program-program studi lainnya di perguruan tinggi negeri yang dulunya bernama IKIP Singaraja itu.

"Selama ini tidak ada masalah karena sudah memiliki pengalaman untuk pendidikan jarak jauh, di program PGSD itu," kata Sudiana.

Selain itu pihaknya juga memiliki sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang memadai sehingga mampu merealisasikan program kuliah jarak jauh. "Tujuan pendidikan jarak jauh ini untuk meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) masuk perguruan tinggi. Saat ini APK mahasiswa dirasa masih rendah," katanya. Oleh karena itu, pemerintah dengan serius untuk mulai program jarak jauh ini. Menurut dia, program itu berbeda dengan kelas jauh untuk memberikan akses meraih pendidikan tinggi di daerah-daerah.

"Perkuliahan jarak jauh sistem 'online' yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu memang patut kita tindaklanjuti di sini," kata Sudiana. (MSR/ANT)