• Jum'at, 20 September 2013 09:45
  • Oleh:  Emmaria Harrist
Dedy Corbuzier berhasil menerapkan diet sehat yang terkenal dengan nama OCD. Ia sibuk mempopulerkan diet sehat yang tak menyiksa itu ke berbagai seminar Dedy Corbuzier berhasil menerapkan diet sehat yang terkenal dengan nama OCD. Ia sibuk mempopulerkan diet sehat yang tak menyiksa itu ke berbagai seminar Foto: Google.com

Jakarta, Sayangi.com – Saat ini gaung diet dengan menggunakan metode ala Dedy Corbuzier dengan OCD atau Obsessive Corbuzier’s Diet sedang ramai dibicarakan. Semua orang tergiur dengan diet tanpa harus berhenti makan makanan enak. Selain itu, pengikut diet ini juga tak harus menghentikan makan malam demi mengecilkan badan melainkan harus stop makan pagi. Why?

Diet yang kini tengah dipopulerkan Dedy Corbuzier melalui seminar-seminar kecil ini tak memperbolehkan sarapan karena sarapan dikatakan hanya membuat tubuh menjadi lemas. Dikatakan bahwa orang yang melewatkan sarapan memiliki kondisi tubuh serta metabolisme yang lebih baik. Selain itu juga dapat meningkatkan jumlah hormon pertumbuhan dan dapat membakar lemak lebih cepat.

Sebaliknya, diet ini memperbolehkan makan malam karena tubuh kita selalu membakar kalori. Pembakaran kalori tersebut dapat terjadi baik disaat duduk, berlari atau tidur sekalipun. Jadi dalam hal ini makan malam dapat dilakukan karena pembakaran kalori digunakan untuk memompa jantung sekaligus membakar lemak dalam tubuh anda.

Dalam OCD sendiri dikenal dengan teknik jendela makan. Teknik jendela makan itu berarti berpuasa dengan cara membatasi waktu makan tanpa harus membatasi diri anda ingin mengkonsumsi makanan apapun yang anda mau. Sementara yang dimaksudkan dengan puasa adalah tidak ada asupan kalori apapun. Termasuk didalamnya tidak diperbolehkan sarapan. Yang diperbolehkan hanya minum air atau teh atau mengkonsumsi apapun tanpa mengandung kalori. Jika sekali saja anda melakukan pelanggaran terhadap hal tersebut, maka diet ini dinyatakan gagal.

Teknik puasa itu sendiri ada 4 jenis dalam diet OCD. Empat diantaranya adalah, 16, 18, 20, dan terakhir 24 apa yang dimaksud dengan itu semua?

Puasa 16 jam dan makan 8 jam
Diperbolehkan makan selama 8 jam, untuk selebihnya anda harus berpuasa. Selama 8 jam tersebut dapat anda manfaatkan untuk makan secukupnya sebanyak 3 kali, sebelum jam makan tersebut habis.

Puasa 18 jam dan makan 6 jam
Sama halnya dengan keterangan diatas, jika anda mengambil puasa 18 jam, maka anda memiliki waktu selama 6 jam. Jika anda mulai makan jam 12 siang, maka batas akhir anda untuk makan adalah jam 6 malam.

Puasa 20 jam dan makan 4 jam
Untuk yang ketiga ini waktu makan anda semakin sempit, jika anda memulai makan pada jam 2 maka, akan berakhir pada jam 6 sore.

Puasa 24 jam
Yang terakhir ini diketahui paling keras diantara tehnik yang lainnya. Anda hanya diperbolehkan makan sekali dalam sehari. Jam berapapun dan makan makanan apapun diperbolehkan. Dalam hal ini, jika anda makan pada hari Senin pukul 2 siang, maka usai menyantap makanan secukupnya, anda diperbolehkan makan lagi keesokan harinya (hari Selasa) pukul 2 siang. Dianjurkan untuk melakukan teknik puasa 24 jam ini hanya dua kali dalam 1 minggu.

Biasanya OCD ini akan berhasil dalam waktu paling lama sekitar 2 bulan, namun itu semua tergantung dari kemauan dan kedisiplinan anda sendiri. Bagaimana tertarik mencoba teknik diet yang fenomenal ini? (FIT/berbagaisumber)