• Kamis, 26 September 2013 15:08
  • Oleh:  Emmaria Harrist
Tersengat lebah mungkin terdengar tidak mematikan. Tapi jika anda mengidap alergi, maka sengatan lebah bisa menjadi lebih parah Tersengat lebah mungkin terdengar tidak mematikan. Tapi jika anda mengidap alergi, maka sengatan lebah bisa menjadi lebih parah Foto: wonderopolis.org

Jakarta, Sayangi.com – Lebah atau tawon dikenal sebagai hewan yang sering menyengat manusia. Pada dasarnya sengatan lebah atau tawon tidak terlalu bahaya. Hanya saja akan menimbulkan efek bengkak, memerah dan rasa panas pada area yang terkena sengatan. Hal tersebut dapat terjadi pada manusia yang tidak memiliki alergi terhadap sengatan lebah. Lain halnya dengan manusia yang memiliki alergi terhadap sengatan lebah atau tawon biasanya secara spontan dapat memicu reaksi anafilaktik yang dapat mengancam jiwanya dan harus sesegara mungkin mendapatkan pertolongan medis.

Tips yang harus dilakukan apabila kita atau orang disekitar kita tersengat lebah adalah sebagai berikut :

• Segera jauhi sarang lebah atau tawon, untuk menghindari sengatan lebah atau tawon lainnya.

• Biasanya setelah tawon atau lebah menyengat, sengatnya tersebut masih menancap dibagian tubuh kita yang disengat. Usahakan untuk segera mencabut sengatnya dengan menggunakan pisau yang bersih. Hindari penggunaan pinset atau kuku dalam hal ini, karena kalau dipencet maka akan menyebabkan racun semakin masuk kedalam tubuh.

• Setelah sengat dapat dicabut, langsung cuci bagian tubuh yang tersengat lebah dengan menggunakan sabun atau bisa juga dengan menggunakan larutan garam Inggris.

• Kompres bagian tubuh yang tersengat dengan air dingin atau es. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi penyerapan dan penyebaran racun, selain itu juga efektif untuk mengurangi bengkak, rasa nyeri dan gatal.

• Setelah dikompres, oleskan dengan salep anti histamin untuk mengurangi rasa gatal.

• Sementara untuk menghilangkan rasa sakit anda bisa minum Asam mefenamat dan Dexametason untuk menghilangkan bengkak pada area yang tersengat lebah atau tawon

• Apabila sudah dilakukan langkah – langkah diatas namun akibat sengatan tersebut menimbulkan tanda-tanda reaksi anafilaktik seperti gatal – gatal, kemerahan dan bengkak di sekujur tubuh anda, atau yang lebih parah anda mengalami kesulitan disaat bernafas, maka segera ke dokter atau UGD untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Semoga tips ini bermanfaat buat anda, dan jangan lupa selalu berhati-hatilah jangan sampai anda terkena sengatan lebah atau tawon. (FIT/berbagai sumber)