• Senin, 08 Juli 2013 12:31
  • Oleh:  Zee Shie
"Eksyenn dulu... :) " Salah satu kegiatan KPGI "Eksyenn dulu... :) " Salah satu kegiatan KPGI Foto: Sayangi.com/Zee Shie

Jakarta, Sayangi.com - Tertarik ingin menjelajahi alam pegunungan bersama petualang-petualang baru? Saatnya kamu bergabung dengan Komunitas Pendaki Gunung Indonesia (KPGI). KPGI merupakan sebuah wadah bagi para penggiat alam dan pendaki-pendaki gunung di Indonesia untuk melakukan segala hal kegiatan yang berbau alam, petualangan, pendakian hingga kelestarian lingkungan bersama-sama.

“Komunitas ini dideklarasikan pada 20 April 2010 silam, dan sengaja dibentuk untuk menyatukan mereka para penggiat alam, mencintai petualangan, pendakian hingga lingkungan” Terang Ketua KPGI, Teuku Ferry Irawan kepada Sayangi.com pagi (8/7) tadi. Syahdan, anggota KPGI ini sudah tersebar dibeberapa kota di Indonesia. Jumlah anggotanya hingga kini sudah mencapai angka di 12.589 orang. Dan hampir disetiap kota besar, KPGI memiliki shelter-shelter sebagai tempat pertemuan mereka, salah satunya di Bekasi, Cipondoh, Pejaten Timur dan lainnya.

Menyimak petualangannya, sudah tak terhitung banyaknya destinasi pegunungan di Indonesia yang mereka jelajahi. “Untuk pendakian Team KPGI sendiri kita sudah ke seluruh Indonesia, kecuali puncak Jaya Wijaya – Cartenz Pyramid di Papua,” imbuh Ferry sangat antusias.

“Suatu kali di pendakian Gunung Slamet, kami mencicipi hal paling ekstrim dalam pengalaman pendakian kami. Dalam kondisi status Gunung Slamet yang rupanya sedang aktif dan cuaca buruk, kami kehilangan jejak pendakian hampir satu setengah hari lamanya. Beruntung alam masih berkenan bersahabat. Pendakian kami berlanjut hingga ke puncak dengan selamat. Mendebarkan sekaligus mengesankan. Kebersamaan dan solidaritas kami diuji selama pendakian tersebut,” cerita Ferry seru.

Bicara perlengkapan pendakian, “Tenda, ransel, sepatu, pakaian hangat jenis jaket polar dan sleeping bag atau kantong tidur adalah hal utama. Adapun perlengkapan pendukung lainnya adalah knee support, sarung tangan, hingga peralatan navigasi. Merk tidak diutamakan, tetapi kualitas dan kenyamanan si pemakai yang harus diperhatikan,” lanjut Ferry dalam pembicaraan santai dengan Sayangi.com.

Dalam perkembangannya, KPGI rupanya tidak hanya memiliki program-program kegiatan terkait pendakian atau petualangan. KPGI juga mulai bergerak dalam kegiatan program-program kelestarian lingkungan dan pendidikan. Dalam pertemuan 'kopi darat' (Kopdar) KPGI wilayah Tangerang sabtu kemarin (6/7) mereka membahas program terbaru mereka terkait pendidikan, yaitu bakti sosial untuk SD Malasari Nanggung di Sukabumi.

Ferry berharap kedepannya KPGI berkembang pesat bukan hanya sebagai wadah silahturahmi namun juga media pengusung kegiatan-kegiatan dalam melestarikan pegunungan Indonesia dan lingkungan sekitar. Tertarik bergabung? Silahkan kunjungi Facebook mereka, Komunitas Pendaki Gunung Indonesia. Dan selamat berpetualang! (HST)

Topik Berita