• Kamis, 10 Oktober 2013 13:26
  • Oleh:  Tri Harningsih
Okonomiyaki Okonomiyaki Foto: tofugu.com

Jakarta, Sayangi.com - Satu lagi dari kuliner Jepang yang wajib anda coba. Okomiyaki disebutnya. Tak hanya di negeri asalnya Jepang, jajanan sejenis masakan teppanyaki ini dapat anda temui di restoran-restoran Jepang di Jakarta dan beberapa kota besar.

Okonomiyaki terbuat dari bahan tepung terigu yang dicairkan dengan air atau dashi. Kemudian adonan tersebut ditambahkan beberapa jenis sayuran seperti kol dan wortel. Adonan kembali dicampur dengan jenis makanan laut seperti cumi-cumi ataupun daging sapi, lalu digoreng dengan menggunakan penggorengan datar atau biasa disebut teppan.

Citarasa Okonomiyaki bak percampuran pizza dan bakwan tradisional, lezat dan gurih dan chruncy. Citarasa yang sama juga telah di legenda atas asal usul panganan khas Jepang yang satu ini.

Menurut cerita kebanyakan, Okonomiyaki diciptakan pelaut angkatan laut Jepang yang mengaduk-aduk tepung terigu di kota Kure, Prefektur Hiroshima. Konon sang pelaut ingin sekali makan pizza seperti yang pernah dimakannya sewaktu di Italia. Lalu si pelaut pulang ke tempat asalnya di Osaka untuk memperkenalkan okonomiyaki di daerah Kansai.

Okonomiyaki dapat dimakan sebagai camilan, pun tak kalah lezatnya jika ditemani dengan sepiring nasi putih hangat. Harga sepotong Okonomiyaki dihargai berkisar 20000 hingga 25000 Rupiah. (FIT)