• Jum'at, 30 Agustus 2013 14:41
  • Oleh:  Tri Harningsih
Lansekap Singapura disekitar Merlion Park saat malam Lansekap Singapura disekitar Merlion Park saat malam Foto: Sayangi.com/Tri Harningsih

Singapore, Sayangi.com - Singapore tak hanya apik sebagai “Negeri Belanja” Negara tetangga Indonesia ini juga menyuguhkan berbagai spot-spot wisata menarik yang tak boleh dilewati jika anda berkunjung ke Singapore. Dari pengalaman penjelajahan reporter Sayangi.com di Singapura beberapa waktu lalu, inilah beberapa spot-spot wisata menarik di Singapura:

MERLION PARK
Pepatah Singapura mengatakan, belum ke Singapura jika anda belum singgah di Merlion Park. Seperti Monas bagi Jakarta, Merlion Park merupakan salah satu landmark utama atau ikon Singapura. Patung berkepala singa berbadan ikan ini dirancang oleh Frasser Brunner dan diperuntukan bagi badan pariwisata Singapura pada tahun 1964. Sedangkan peresmian pemasangan si Merlion ini baru di tahun 1972 oleh Perdana Menteri Lee Kuan Yew. Menikmati senja dan malam di sekitar Merlion park merupakan waktu yang tepat untuk kunjungan anda. Lansekapnya saat malam pasti membuat anda terpesona.

ESPLANADE
Dijuluki sebagai gedung Durian karena bentuk kubah gedung ini terupa seperti duri. Sama seperti Merlion Park, Esplanade – Theatres On The Bay ini merupakan salah satu landmark Singapura, sekaligus sebagai gedung pertunjukan dan pusat hiburan serta seni di Singapura. Berbagai pertunjukan seni, kebudayaan, tarian, hingga konser musik megah sering digelar disini. Tercatat, kesenian musik angklung pernah dimainkan di gedung pertunjukan ini.

MARINA BAY SAND
Lansekap kemegahan Marina bay Sands dapat dinikmati dari Esplanade ataupun kawasan Merlion Park. Sejatinya, Marina Bay Sands adalah sebuah hotel mewah dengan berbagai fasilitas seperti pusat perbelanjaan kelas VIP, bahkan memiliki tempat perjudian paling mewah. Para kaum jetset biasanya menghabiskan waktu di rooftop Marina Bay Sands, menikmati lansekap keseluruhan Singapura. Selain itu anda bisa menikmati waktu jalan-jalan anda disepanjang Helix Bridge, sebuah jembatan pejalan kaki yang panjangnya melingkar hingga 280 meter. Atau anda juga bisa mengunjungi Art Science Museum yang bangunannya nampak unik seperti bunga lotus yang sedang mekar.

UNIVERSAL STUDIO
Layaknya Dufan, wisata Universal Studio sangat cocok bagi anda yang membawa keluarga. Berbagai fasilitas permainan dan hiburan akan memanjakan liburan anda bersama keluarga di taman hiburan ini. Paling tidak anda harus merogoh kocek sebesar S$74 untuk menikmati berbagai permainan yang ada didalam taman hiburan ini. Namun untuk memuaskan rasa penasaran saja, wisatawan biasanya hanya berkunjung dan berfoto di depan bola dunia ikon Universal Studio ini, dengan mangaksesnya dari Mall Vivo City dengan monorail.

GARDENS BY THE BAY
Taman raksasa seluas 101 hektar ini merupakan rumah bagi para tanaman langka yang ditempatkan disebuah dome atau rumah kaca raksasa dengan arsitektural berbentuk kerang. Ini merupakan salah satu taman favorit di Singapura. Tak hanya tanaman langka, anda bisa mengunjungi area Supertree Groove yang merupakan pohon-pohon baja atau pohon solar. Konon pohon tersebut dirancang untuk mengumpulkan air hujan dan energi solar matahari.

SINGAPORE FLYER
Wisata yang satu ini menawarkan lansekap Singapura dari ketinggian 165 meter dikawasan Flyer ini. Harga tiket berkisar S$29.50 untuk dewasa. Dari Singapore Flyer ini anda bisa melihat dengan jelas lansekap gedung-gedung pencakar langit yang unik milik Singapura, seperti Marina Bay Sands, Esplanade, hingga Merlion Park.

LITTLE INDIA SINGAPORE
Ingin merasakan sensasi tanah Hindustan di Singapura? Melipirlah kekawasan Little India. Tak sekedar sensasi, anda diajak mengenal budaya dan kehidupan orang India yang hidup di Singapura. Terdapat kuil-kuil Hindu yang eksotik. Bagi anda yang ingin mencicipi kuliner India, Little India adalah kawasan yang tepat. Tak hanya kuliner, berbagai pusat perbelanjaan yang bercokol disini juga berbau perlengkapan dan kebutuhan warga India.

Nah, jika sudah puas berjalan-jalan dan merasa gatal ingin berbelanja, anda bisa menuju ke kawasan Orchard Road, kawasan ini merupakan gudangnya pusat-pusat perbelanjaan terkenal di Singapura. Atau ingin mencari kuliner ala Timur Tengah? Melipirlah ke Arab Street, sebuah komplek hunian sekaligus area dengan fasilitas umum dengan sensasi ala Timur Tengah. Atau ingin sensasi ala Cina? Anda bisa menjelajahi kawasan China Town-nya. (FIT)