• Kamis, 10 Oktober 2013 14:11
  • Oleh:  Tri Harningsih
Lansekap kota Cappadocia saat Festival Balon Udara Lansekap kota Cappadocia saat Festival Balon Udara Foto: Photobrust

Turki, Sayangi.com - Terletak di Turki Tengah, Cappadocia hadir dengan keindahan susunan dari formasi bebatuan yang unik. Dari hamparan bebatuan unik itulah kemudian Cappadocia didaulat para wisatawan dunia sebagai “Istana Para Peri."

Bebatuan bersusun unik tersebut konon terbentuk dari aktifitas vulkanik yang terjadi sejak jutaan tahun silam. Aktifitas vulkanik tersebut kemudian menghasilkan lava panas yang membuka lalu membentuk bebatuan dengan bantuan air serta angin alamiah. Ketika zaman purba berlangsung, bebatuan tersebut dilubangi dan dibentuk sedemikian rupa menjadi gua untuk sebagai pelindung dari serangan buas serta cuaca.

Alhasil, arsitekturalnya terlihat begitu dramatis bak sebuah kota yang dipahat di permukaan bebatuan. Hasilnya? Menakjubkan, kota seribu bebatuan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Turki.

Belum lagi ketika musim panas tiba, si Kota Peri ini dipenuhi lautan wisatawan. Di bulan September, Cappadocia merayakan masa panen anggur dengan menggelar Festival rakyat Cappadocia. Tak kalah menariknya yang terjadi di Cappadocia saat bulan Oktober, pemandangan di langit-langit di Kota Istana Peri ini akan begitu semarak dengan rangkaian balon udara. Oktober bagi Cappadocia adalah moment menakjubkan dengan diadakannya Festival Balon Udara. Wisatawan diajak menikmati lansekap Kota Istana Peri ini melalui balon udara yang mengangkasa diatas ketinggian 1.500 kaki.

Penasaran dengan kota yang satu ini? Anda bisa mengaksesnya dengan perjalanan bus dari kota Istanbul ataupun Ankara, selama kurang lebih sehari semalam. Bus tersebut juga akan membawa anda melintasi kota-kota kecil yang indah seperti Avanos atau Ürgüp, Uçhisar, serta Göreme. Untuk menikmati lansekap kota dengan balon udara juga tak sulit, tersedia agen-agen wisata yang menawarkan paket wisata lengkap dengan wisata balon udara mengelilingi Cappadocia. (FIT)