Tubagus Wawan (kiri), menyuap untuk muluskan kepentingan di Pilkada Lebak Tubagus Wawan (kiri), menyuap untuk muluskan kepentingan di Pilkada Lebak Foto: Istimewa

Jakarta, Sayangi.com - Tubagus Chairi Wardhana - biasa dipanggil TW atau Tubagus Wawan - ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi kemarin (3/10). Ia diduga menyuap Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar, untuk memuluskan penanganan kasus sengketa Pilkada Lebak.

Tapi siapa sebenarnya Tubagus Wawan? Lelaki yang berprofesi sebagai pengusaha ini adalah adik kandung Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Sebagai adik Gubernur, Tubagus Wawan dikenal sebagai tokoh yang cukup berpengaruh, terutama di wilayah Banten. Apalagi ia juga beristrikan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany.  

Namun ternyata, di mata tetangganya di Perumahan Alam Sutera, Tubagus Wawan bukan sosok yang familiar.  Para tetangga dekat rumah Wawan, di cluster Sutera Narada Blok 5/16, Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan, mengaku sama sekali tak kenal Wawan. Elly (34) misalnya, seperti dituturkan kepada Banten Hits.com, tetangga sebelah rumah Wali Kota Tangsel itu bercerita, belum pernah melihat Wawan ada di rumahnya. Bahkan ia juga tidak mengenal sama sekali sosok Wawan.

Namun, ketika ditanya perihal sosok Airin Rachmi Diany, Elly mengaku mengenal baik secara pribadi Walikota Tangsel itu. "Baik orangnya. Terakhir sudah lama memang, tapi kalau setiap ketemu pasti tersenyum dan menyapa," ujar Elly.

Tampaknya Wawan selama ini lebih banyak berada di kediamannya yang lain di kawasan elite Jl. Denpasar IV Nomor 35, Kuningan, Jakarta Selatan. Di tempat inilah kemarin, Wawan - juga menjabat sebagai Ketua Kadin Provinsi Banten - ditangkap tim penyidik KPK. Rumah ini juga yang kemarin disegel oleh KPK.

Airin sendiri dikabarkan tengah menunaikan tugas belajar di Amerika Serikat, seperti dijelaskan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. "Setahu saya Istri TCW sedang di Amerika Serikat," jelas Bambang, usai jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (3/10).

Setelah tersiar kabar penangkapan Wawan, kediaman resmi suami Walikota Tangerang di Alam Sutera, tampak sepi. Seorang petugas Satpol PP Kota Tangsel yang ditempatkan di sana bilang, di rumah itu hanya ada anak Airin dan Wawan. (MSR)