Presiden SBY dan PM Australia kevin Rudd. Kehangatan di atas tak turun ke bawah ... Presiden SBY dan PM Australia kevin Rudd. Kehangatan di atas tak turun ke bawah ... Foto: indonesia.embassy.gov.au

Canberra, Sayangi.com - Suvei berkata, hampir 50% orang Australia percaya, Indonesia adalah ancaman nyata bagi keamanan nasional mereka. Demikian ditulis media lokal The Australian, Selasa (27/8).

Dalam jajak pendapat yang diadakan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia, lebih banyak orang Australia (59 persen) yang beranggapan bahwa dasar pengambilan keputusan di Indonesia lebih banyak menggunakan hukum Islam. Ketimbang yang menganggap alas pengambilan keputusan berdasarkan demokrasi hanya 47 persen.

Survei diadakan terhadap 1.202 orang oleh Newspoll tahun 2012 dan belum pernah dirilis ini menampakkan adanya perbedaan antara persepsi tentang Indonesia di tingkat masyarakat Australia dengan persepsi di tingkat pejabat pemerintah. Kehangatan hubungan diplomatik Indonesia-Australia seperti dipertontonkan para pejabat kedua negara di media massa tak terlihat dalam beragam jajak pendapat yang diadakan di masyarakat Negeri Kanguru itu.

"Meskipun sepertiga warga Australia pernah mengunjungi Indonesia, namun pengetahuan faktual mereka tentang Indonesia masih sangat kurang," bilang Newspoll. Contohnya saja, dua kata yang paling sering muncul di benak orang Australia terkait Indonesia ternyata "liburan" dan "Muslim", sementara hampir seperlima orang Australia bahkan percaya, Bali itu negara tersendiri. Walah ...

Lebih dari dua pertiga orang Australia melihat Indonesia sebagai sarang koruptor, dan hanya seperempat yang menilai Indonesia sudah memiliki sistem politik yang baik. Para peneliti meyakini, selama prasangka masih menang atas fakta, tampaknya akan selalu ada risiko para politisi Australia bermain-main dengan prasangka itu, untuk memperoleh keuntungan politik sesaat. (MSR/The Australian)