• Minggu, 07 Juli 2013 10:00
  • Oleh: 
Ilustrasi kebakaran Ilustrasi kebakaran Foto: bonisenaugmacid

Jakarta, Sayangi.com - Kebakaran melanda Gedung Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) di belakang Komplek Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat pada pukul 05.30 WIB. Untuk memadamkan kebakaran petugas menerjunkan 15 unit kendaraan pemadam api.

Petugas berhasil memadamkan kobaran api sekitar pukul 06.00 WIB. "Kami berhasil memadamkan api sekitar pukul 06.00 WIB dan sementara ini kami duga kebakaran disebabkan oleh hubungan arus pendek," kata Kasi Operasional Suku Dinas Damkar Jakarta Pusat Sudarno di IKJ, Jakarta, Minggu (7/7) pagi.

Kendati api sudah padam, Darno menjelaskan regu damkar pada pukul 06.30 WIB masih berupaya menyebarkan siraman air ke tumpukan kertas untuk memadamkan api yang dikhawatirkan masih menjalar di bawah sejumlah barang.

Selain itu regu damkar juga masih berupaya mengeluarkan kepulan asap yang mengepung ruangan karena lokasi dipenuhi oleh kertas dan kardus. "Kami menerjunkan 15 unit kendaraan pemadam api, 13 unit berasal dari Sudin Damkar Jakarta Pusat dan 2 lainnya berasal dari Sudin Damkar Jakarta Timur," jelas Darno.

Menurut mahasiswa saksi mata yang melihat pertama kali adanya kepulan asap, Caesar (23), mengatakan kebakaran diketahui terjadi pada pukul 04.30 WIB. "Ketika saya tiba sekitar pukul 04.30 WIB, asap sudah keluar dari ruangan dan saya langsung memanggil satpam gedung," kata Caesar.

Dia mengatakan sumber asap terlihat berasal dari ruang dosen dan ruang mahasiswa di gedung tersebut. Kebakaran tidak menimbulkan korban jiwa. Namun kejadian tersebut menghanguskan beberapa kertas dokumen dan data milik IKJ. (HST/ANT)

Topik Berita