• Kamis, 12 September 2013 18:50
  • Oleh:  Marlin Dinamikanto
Daftar benda-benda pusaka yang dicuri dari Gedung A lantai II, Museum Nasional , di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (11/9) kemarin. Daftar benda-benda pusaka yang dicuri dari Gedung A lantai II, Museum Nasional , di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (11/9) kemarin. Foto : Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com - Pencuri barang-barang antik beraksi di Jakarta. Kali ini, Rabu (11/9) sekitar pukul 09.10, Museum Nasional atau lebih dikenal dengan sebutan Museum Gajah kehilangan 4 lempengan emas. Benda yang dicuri itu berasal dari Abad 10 atau di jaman Mataram Kuno.

Benda pusaka itu disimpan di ruang emas vitrin L1a, lantai 2 Gedung A Museum Nasional. Keadaan pintu di rak penyimpanan itu renggang. Diduga pencuri mencongkel pintu kaca lemari. Sayangnya, peristiwa itu baru dilaporkan ke Polsek Gambir, Kamis (12/9) tadi.

Koleksi museum yang diembat pencuri itu meliputi, Lempengan Naga (berbentuk serpihan terbuat dari emas), Lempengan Bulan Sabit Beraksara (berbentuk serpihan terbuat dari emas), Cepuk (berbentuk serpihan terbuat dari emas) dan Lempengan Harihara (berbentuk serpihan terbuat dari emas).

Sangat disayangkan pula, kamera CCTV yang berdasarkan informasi pihak museum sudah setahun rusak tidak segera diperbaiki sehingga terjadi pencurian.

Apakah pencurian itu melibatkan orang dalam? Polisi hingga kini masih melakukan penyelidikan di tempat kejadian perkara. (MARD)