Video mesum siswa SMPN 4 Jakarta Pusat Video mesum siswa SMPN 4 Jakarta Pusat Foto: sayangi.com/istimewa

Jakarta, Sayangi.com - Beredarnya video mesum di SMP Negeri 4 Jakarta Pusat terus menuai kritik dan perhatian. Kini perhatian itu langsung disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh.

Bahkan Nuh terlihat geram dengan aksi yang dilakukan siswa yang masih tergolong anak-anak itu. Nuh pun menegaskan bahwa pelaku yang tersebar dalam video tersebut diberi sanksi.

"Pelakunya harus diberikan sanksi. Apalagi kalau dilakukan saat-saat pelajaran. Berbeda dengan kasus kalau dia diperkosa, lain lagi," kata Nuh di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2013). Pernyataan Nuh ini menanggapi peristiwa beredarnya video mesum yang dilakukan sepasang siswa SMPN 4 Jakarta.

Kasus video porno di SMP Negeri 4 Jakarta ini kini tengah ditangani aparat kepolisian. Polisi menerangkan, pelaku dalam video tersebut adalah seorang siswa dan siswi. Keduanya melakukan tindakan tidak bermoral itu dengan suka sama suka. Polisi juga mengakui bahwa dalam video yang direkam melalui telepon seluler itu disaksikan langsung sejumlah siswa lainnya.

Menurut Nuh, untuk menyelesaikan masalah tersebut, banyak pihak harus dilibatkan. Terutama kedua orang tuanya dan guru. Selain itu juga wali kelas dan kepala sekolah, harus duduk bersama untuk menyelesaikan ini.

"Bukan hanya untuk kasus ini tapi juga kasus-kasus lainnya seperti itu tadi. Sehingga tidak ada salahnya komite sekolah itu juga bergerak bagaimana melindungi agar tidak terjadi seperti itu lagi." katanya.