• Rabu, 05 Maret 2014 09:09
  • Oleh:  Bustami
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Merak, Sayangi.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menghadiri peringatan hari jadi Badan SAR Nasional ke-42 yang dilangsungkan di Dermaga Pelabuhan Indonesia II.

Badan SAR Nasional didirikan pada 28 Februari 1972 dan memiliki 33 kantor SAR di Provinsi serta didukung oleh sejumlah potensi SAR.

Bersamaan dengan peringatan ulang tahun SAR, diresmikan juga dua kapal baru milik Basarnas jenis Catamaran yang memiliki panjang 59 meter, masing-masing KN Pacitan dan KB Purworejo.

Catamaran merupakan jenis kapal cepat yang memiliki kecepatan maksimal 29 knot, selain mempunyai stabilitas tinggi, mampu beroperasi di cuaca buruk dan memiliki landasan helikopter.

Apel kesiapsiagaan ini juga didukung simulasi peragaan tim dari Basarnas dan potensi SAR dengan peralatan dua unit pesawat CASA, dua unit helikopter Dauphin, dua unit helikopter BO-105, dua unit Rescue Boat Catamaran, dua unit Hovercraft, satu unit rescue boat, dua unit RIB, sembilan unit Rubber Boat, lima unit paramotor, dua unit ambulans, dua unit amphibious boat, satu unit multi purpose Vehicle, satu unit Hagglund, enam unit truk pengangkut personil, 20 motor trail, mobil derek, rescue car, rescue carrier, communication mobile, rescue truk dan mobil ground to air.

Selain dihadiri Presiden juga dihadiri oleh menteri, kepala daerah dan sejumlah pejabat lainnya. (S2/An)