• Rabu, 25 September 2013 08:00
  • Oleh: 
Pesepak bola tim nasional Indonesia, Muhammad Hargianto (8) bersama rekan Pesepak bola tim nasional Indonesia, Muhammad Hargianto (8) bersama rekan Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com -  Keberhasilan Timnas Indonesia U-19 meraih gelar juara Piala AFF U-19 tak terlepas dari peran tim dokter yang mendampingi skuat Garuda Muda.

Ketua Umuh PSSI, Djohar Arifin Husin, mengungkapkan hal tersebut. Ia menjelaskan bahwa tim dokter timnas U-19 sangat handal dan teliti menjaga kondisi kesehatan serta fisik pemain-pemain Timnas Indonesia U-19.

“Asupan gizi setiap hari dikontrol, kami andalkan teknologi sport science,” beber Djohar Arifin Husin di Kantor PSSI Senayan Jakarta, seperti dikutip timnas garuda.

Tak hanya itu, setelah bertanding pemain timnas langsung berendam di air panas dan dingin. “Itu yang membuat kondisi fisik pemain menjadi fresh lagi di pertandingan berikutnya,” tutur Djohar.

Pelatih Indra Sjafri juga tidak hanya melihat kemampuan pemain saja. Kondisi kesehatan dan fisik juga diperhitungkan. Para pemain Garuda Muda U-19 memiliki VO2Max antara 5- hingga 60.

“Para pemain Timnas U-19 adalah hasil seleksi dari daerah-daerah, sehingga VO2Max sangat tinggi. Bisa kita lihat bahwa tidak ada yang kram di lapangan. Hal ini membuktikan bahwa kondisi fisik mereka sangat baik,” tutupnya