PSSI Kecewa EO dan Bonus 1 Miliar

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Ktua Umum PSSI, La Nyalla Mattalitti mengaku kecewa dengan pihak Event Organizer (EO) atau Promotor yang (ternyata) telah melakukan kesepakatan dengan pihak federasi sepak bola Belanda (KNVB) terkait masalah kostum.

Timnas Indonesia dilarang mengunakan jersey Merah-Putih saat menjamu Belanda di laga persahabatan di Stadion Gelora Bung Karno Jumat (7/6). PSSI selanjutnya akan bertindak tegas kepada EO yang ada di Indonesia. “PSSI akan melakukan tindakan untuk menertibkan EO yang tidak menjalankan aturan baku. PSSI berhak mengajukan persyaratan kepada EO,” papar La Nyalla.

Keputusan pemilihan kostum itu mencederai semangat kebangsaan Indonesia. Kedepannya, PSSI tidak mau kecolongan lagi untuk masalah seperti ini. “Sudah tidak ada gunanya kata respect. Tim tamu seolah tak mau mengakui eksistensi tuan rumah. Ini kesalahan EO atau promotor. Kedepannya, bila EO mau memperoleh izin kami akan tanda tangan kesepakatan yang harus dilaksanakan untuk timnas Indonesia,” kata La Nyalla.

Sementara itu, di tempat yang sama, PSSI berjanji memberikan bonus Rp 1 miliar untuk timnas apabila berhasil menaklukkan runner-up Piala Dunia 2010 itu. Hal tersebut dikatakan La Nyalla Mattalitti, ketua Badan Tim Nasional (BTN) yang juga wakil ketua umum PSSI, kepada wartawan, Jumat (7/6/2013). “Kami akan berikan bonus Rp 1 miliar jika timnas menang melawan Belanda. Uang ini akan diberikan kepada tim, bukan perorangan,” cetusnya.

Selain itu La Nyalla menyiapkan bonus lain: Rp 100 juta untuk setiap gol ke gawang De Oranje; serta Rp 200 juta kalau pasukan Jacksen F. Tiago bisa menahan imbang Belanda. La Nyalla mengatakan bonus tersebut diberikan agar pemain lebih bersemangat mengingat lawan yang dihadapi sangat kuat.

“Dalam sepakbola, semua bisa terjadi. Tentu ini apresiasi untuk perjuangan para pemain kami. Jangan dilihat nominalnya, tapi kami ikut merasakan berjuang dengan pemain yang ada di lapangan,” ujarnya. Namun PSSI hendaknya juga intropeksi diri, hal ini bisa terjadi akibat carut-marutnya manejemen timnas.

Kickoff Indonesia versus Belanda adalah pukul 20.30 WIB, di Stadion Gelora Bung Karno. (RH/ANT)