Pemilu Dorong Pertumbuhan Ekonomi Hingga 6,3%

Jakarta, Sayangi.com – Kata Menteri Keuangan Chatib Basri, berbagai aktivitas menjelang penyelenggaraan Pemilihan Umum 2014 dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dalam RAPBN-Perubahan 2013 sebesar 6,3%.

“Aktivitas menjelang pemilu mulai meningkat, dan sedikit banyak punya pengaruh ke konsumsi rumah tangga,” ujar Chatib di Jakarta, Jumat (7/6). Masih menurut Chatib, konsumsi rumah tangga akan makin meningkat menjelang akhir tahun, karena ada dorongan besar dari masyarakat untuk berbelanja dan bersiap diri menghadapi pemilihan umum, yang dimulai April tahun depan.

“Mereka akan membeli makanan, spanduk, dan macam-macam, sehingga dari perkiraan 6,3% itu, kita perkirakan (andil) konsumsinya dari 4,9% menjadi lima persen,” katanya.

Chatib mengatakan pemerintah akan mengandalkan andil dari konsumsi rumah tangga yang selama ini dominan menjadi penyumbang angka pertumbuhan ekonomi, karena sektor investasi dan ekspor diperkirakan masih mengalami perlambatan. “Kita mesti realistis, ada kecenderungan investasi melambat seperti di Triwulan I, karena impor barang modalnya mengalami penurunan,” katanya.

Sebelumnya, dalam rapat kerja dengan Pemerintah, Selasa (4/6), Badan Anggaran DPR RI menyetujui asumsi pertumbuhan ekonomi dalam RAPBN-Perubahan 2013 sebesar 6,3%. Padahal pemerintah telah bersikukuh mempertahankan usulan angka pertumbuhan ekonomi 6,2 persen, dengan perkiraan angka pertumbuhan ekonomi hanya mencapai enam persen hingga akhir Triwulan II 2013. (MSR)