Hasyim Muzadi Minta KPK Awasi Pilkada

Jakarta, Sayangi.com – Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Hasyim Muzadi meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengawasi jalannya pemilu kepala daerah (Pilkada).

“Saya minta ke KPK untuk melakukan pengawasan Pilkada, karena tindak pidana korupsi dilakukan sebelum Pilkada bukan sesudahnya,” ujar Hasyim usai menemui pimpinan KPK di gedung KPK Jakarta, Jumat siang.

Menurut Hasyim, hal ini harus dilakukan demi menyelamatkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah dan pontensi terjadinya politik uang di kalangan masyarakat.

“Karena biasanya penggelembungan dana dan sebagainya justru terjadi sebelum Pilkada, bukan setelah Pilkada,” tambah dia.

Lebih lanjut Hasyim menjelaskan, permintaan itu menjadi penting karena selama ini kasus terkait Pilkada berakhir di Mahkamah Konstitusi, sehingga penyelesaiannya tidak efektif bila masalah itu diusut setelah Pilkada.

“Jadi saya minta KPK tolong pada Pilkada yang akan berlangsung terutama yang potensial terjadi korupsi, dilakukan investigasi sebelum Pilkada itu berjalan, terutama pada bidang APBD, penggunaan anggaran, dan berbagai macam sumbangan-sumbangan,” tegas Hasyim.

Satu diantara Pilkada yang harus diawasi, ungkap Hasyim, adalah Pilkada di Jawa Timur yang rencananya akan berlangsung pada akhir Agustus ini.

“Yah, karena Jawa Tengah, Sumatera Selatan kan sudah, maka yang sekarang kita lihat yang di depan ini adalah Jawa Timur,” kata Hasyim.

Hasyim pun mengimbau agar investigasi terhadap Pilkada nantinya dapat dilakukan dengan berkoordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK).

“Secara reguler, saya minta ada investigasi sebelum pilkada berlangsung,” tandas Hasyim.