KPU Padang Siap Verifikasi Berkas Calon Perseorangan

Padang, Sayangi.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang menyiapkan 130 orang tenaga untuk memverifikasi berkas dukungan bakal calon wali kota Padang 2014-2019 yang mencalonkan diri melalui jalur perseorangan.

“Sebanyak 130 orang tersebut tersebar di setiap kelurahan dan kecamatan yang akan memverifikasi pada 9-22 Juni 2013,” kata Koordinator Divisi Perencanaan dan Teknis Pemilu KPU Padang M Sjahbana Sjam di Padang, Jumat (7/6).

Dikatakannya, pada tahap awal akan dilakukan pemeriksaan terhadap jumlah dukungan, sebaran kecamatan serta potensi ganda dukungan.

“Untuk memastikan agar tidak ada dukungan ganda, KPU menggunakan aplikasi teknologi yang secara otomatis akan dapat mengetahui dukungan ganda dalam satu calon atau antarcalon,” kata dia.

Ia optimistis KPU dapat menyelesaikan verifikasi sesuai batas waktu hingga 22 Juni kendati jumlah yang diverifikasi cukup banyak.

Bakal calon wali kota Padang dari jalur perseorangan minimal harus mengantongi 36.544 dukungan dalam bentuk kartu tanda penduduk.

Selain wajib mengantongi 36.544 dukungan, jumlah itu harus tersebar pada minimal enam kecamatan yang ada serta harus ada dari setiap kelurahan.

“Ketika dukungan yang disyaratkan kurang, kandidat akan diberi waktu untuk melengkapi pada 6-20 Juli dan wajib mengganti dua kali lipat dari jumlah yang kurang,” kata dia.

Sebanyak 10 pasang bakal calon wali kota Padang 2014-2019 yang mencalonkan diri melalui jalur perseorangan telah menyerahkan berkas dukungan pencalonan ke KPU kota Padang.

Sepuluh pasangan bakal calon tersebut antara lain Maigus Nasir-Alisman, Syamsuar Syam-Mawardi Nur, Ibrahim-Nardi Gusman, Kandris Asrin-Indra Dwipa dan Desri Ayunda-James Helyward.

Selain itu, Indra Jaya-Jefri Hendri Darmi, Yanel Ritan-Sofia Hariani, Mega Haryanto-Haynes Ade, Jafrinur-Indra Syarif dan Asnawi Bahar-Surya Budhi.

Pendaftaran calon dijadwalkan akan dibuka pada 1 Juli 2013 bersama-sama calon yang diusulkan oleh partai politik.

KPU menetapkan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Padang berlangsung pada 30 Oktober 2013. (HST/ANT)