Indonesia Sukses Tahan Belanda di Babak Pertama

Jakarta, Sayangi.com – Tim Nasional Indonesia yang tampil dengan kostum Hijau Putih sukses menahan imbang Belanda di babak pertama. Meski tampil dominan The oranye gagal mencetak gol. Skor sementara 0-0.

Belanda sempat menjebol gawang Indonesia pada menit kedua. Robin van Persie yang memanfaatkan bola rebound menyontek bola dari jarak dekat dan gawang Indonesia pun bergetar. Tapi, gol ini dianulir wasit karena Van Persie lebih dulu terjebak offside.

Belanda yang menguasai penuh jalannya pertandingan terus menekan pertahanan Indonesia, khususnya lewat dua sisi sayap memanfaatkan kecepatan Ruben Schaken dan Jeremain Lens.

Peluang tim tamu berikutnya didapat oleh Jonathan De Guzman pada menit ke-11. Namun, tembakan jarak jauh De Guzman mengarah tepat ke pelukan kiper Kurnia Meiga.

Belanda memasukkan Arjen Robben dan menarik Lens pada menit ke-14. Masuknya Robben membuat serangan mereka makin menggigit meski pertahanan Indonesia masih sulit dibongkar.

Lewat serangan balik, Greg Nwokolo sempat mengancam pertahanan Belanda. Namun, sebelum sempat melepaskan tembakan, gerakannya lebih dulu ditutup oleh bek lawan.

Percobaan Immanuel Wanggai pada menit ke-26 juga tak mengubah keadaan. Tembakan kerasnya dari luar kotak penalti tak mengarah ke sasaran.

Van Persie mendapatkan peluang emas empat menit kemudian. Memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan, bomber Manchester United itu menyudul bola dari jarak dekat. Namun, si kulit bundar melayang di atas mistar.

Van Persie kembali membahayakan gawang Indonesia pada menit ke-33, kali ini lewat bola mati. Tapi, eksekusi tendangan bebasnya masih mengarah ke samping gawang.

Kerja sama Robben dan Van Persie di menit ke-37 juga tak menghasilkan gol untuk Belanda. Umpan terobosan Robben yang diselesaikan Van Persie masih melambung.

Meiga menggagalkan peluang emas Van Persie di menit-menit akhir babak pertama. Kiper Arema Indonesia itu mementahkan tembakan jarak dekat dari Van Persie. Tak berselang lama, dia juga menunjukkan reaksi prima ketika membendung sepakan Wesley Sneijder.

Hingga babak pertama selesai, keadaan belum berubah. Indonesia 0, Belanda 0.

Susunan Pemain
Indonesia: Kurnia Meiga, Ricardo Salampessy, Victor Igbonefo, Toni Sucipto, Raphael Maitimo, M. Roby, Immanuel Wanggai, Ahmad Jufriyanto, Boaz Solossa, Greg Nwokolo, Sergio van Dijk.

Belanda: Jasper Cillesen, Daryl Janmaat, Ron Vlaar, Erik Pieters, Miquel Nelom, Jonathan De Guzman, Ruben Schaken, Jens Toornstra, Wesley Sneijder, Jeremain Lens (Arjen Robben 14′), Robin van Persie. (RH/ANT)