Akhirnya Indonesia Menyerah 0-3 dari Belanda

Jakarta, Sayangi.com – Tim Nasional Indonesia akhirnya harus mengakui keunggulan Belanda di babak kedua. Tim Garuda menyerah 0-3. Tiga Gol Oranye di masing-masing dicetak De Jong dimenit ke 57 dan 67 serta satu gol Arjen Robben di menit-menit akhir. Kekalahan ini sekaligus memperpanjang rekor Belanda atas Indonesia.

Anggota DPR RI dari partai PDIP Budiman Sudjatmiko dalam twitternya ‏@budimandjatmiko, berdoa semoga Gol Robben ke gawang Indonesia bisa mengantarkan pemain Bayer Munchen tersebut meraih penghargaan Ballon D’Or “Tweeps, berdo’alah Robben dpt Ballon D’Or…Jika dpt, yakinlah gol-nya ke gawang kita jd slh 1 faktornya. Worth it kan?” Tulis Budiman.
Dalam lima tahun terakhir ini, ajang Ballon d’Or didominasi oleh para pemain dari Liga Spanyol dengan empat di antaranya dimenangi Lionel Messi (Barcelona) dan cuma sekali direbut Cristiano Ronaldo pada 2008 saat masih berkostum Manchester.

Setelah bermain imbang 0-0, elanda memasukkan empat pemain baru di babak kedua, termasuk gelandang Ajax Amsterdam, De Jong. De Jong mendapatkan kesempatan di menit ke-47, tapi sepakannya masih melayang di atas mistar.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan saat laga berusia 57 menit. Umpan silang Schaken dari sisi kanan disambut De Jong dengan sundulan bertenaga yang tak tak bisa diantisipasi oleh Meiga. Indonesia 0, Belanda 1.

Peluang didapat De Jong tiga menit kemudian. Diawali umpan Robben, De Jong melepaskan tembakan, namun bola masih melambung.

Memasuki menit ke-61, peluang Ricky van Wolfswinkel tak membuahkan gol. Tandukan Van Wolfswinkel bisa diamankan oleh Meiga.

Di menit berikutnya, De Jong kembali mengancam gawang Indonesia. Tapi, tembakan mendatarnya masih bisa ditangkap oleh Meiga.

De Jong menggandakan keunggulan Belanda pada menit ke-67. Berawal dari umpan Robben dari kanan, bola disundul Schaken dan De Jong yang berada di tiang jauh dengan mudah menanduk si kuli bundar ke dalam gawang.

Jens Toornstra hampir saja menambah gol Belanda di menit ke-70. Sial buat dia, tembakan menyilangnya masih melebar.

Berselang lima menit, Indonesia sempat mendapatkan kesempatan. Andik Vermansah melakukan aksi individu dari tengah lapangan. Dia menggiring bola di sisi kanan dan menusuk ke kotak penalti. Tapi, penyelesaiannya melayang di atas mistar.

Tiga menit jelang berakhirnya waktu normal, De Jong berpeluang mencatat hat-trick. Namun, sundulannya meneruskan sepak pojok Robben melebar.

Kemenangan Belanda akhirnya dilengkapi oleh Robben pada menit ke-89. Winger Bayern Munich itu melakukan aksi individu menawan dari tengah lapangan, mengelabui dua pemain Indonesia, dan menyelesaikan aksinya dengan tembakan keras kaki kiri yang membuat Meiga bertekuk lutut.

Susunan Pemain
Indonesia: Kurnia Meiga, Ricardo Salampessy (Zulkifly Syukur 46′), Victor Igbonefo, Toni Sucipto (Hendro Siswanto 72′), Raphael Maitimo, M. Roby, Immanuel Wanggai (Ahmad Bustomi 46′), Ahmad Jufriyanto (Ruben Sanadi 80′), Boaz Solossa, Greg Nwokolo (Andik Vermansah 59′), Sergio van Dijk (Ian Kabes 67′)

Belanda: Jasper Cillesen (Kenneth Vermeer 46′), Daryl Janmaat (Dwight Tiendalli 66′), Ron Vlaar, Erik Pieters (John Heitinga 46′), Miquel Nelom, Jonathan De Guzman, Ruben Schaken, Jens Toornstra, Wesley Sneijder (Siem de Jong 46′), Jeremain Lens (Arjen Robben 14′), Robin van Persie (Ricky van Wolfswinkel 46′). (RH)