Korsel dan Korut Setuju Pertemuan Tingkat Rendah

Seoul, Sayangi.com – Korea Selatan (Korsel) pada Sabtu (8/6) menyatakan bahwa Korea Utara (Korut) telah sepakat untuk mengadakan pembicaraan tingkat kerja di Panmunjom, desa gencatan senjata dan menjadi perbatasan keduanya pekan ini setelah hubungan tegang. Dialog itu akan menjadi pertemuan pertama dalam lebih dua tahun. Dua Korea itu sepakat untuk mengirim masing-masing tiga delegasi ke Panmunjom untuk mengadakan pembicaraan pada Ahad yang bertujuan memuluskan jalan bagi negosiasi tingkat lebih tinggi, kata Kementrian Unifikasi Korsel.

Kementrian Unifikasi Korsel menambahkan, Pyongyang menyampaikan keputusannya ke Selatan melalui saluran langsung antara keduanya yang dibuka kembali pada Jumat (7/6). Saluran tersebut diputus pada Maret karena ketegangan militer meningkat di semenanjung yang terbelah dua itu. Keduanya tak disangka-sangka mencapai persetujuan pada Kamis untuk membuka dialog. Korea Selatan menanggapi prakarsa Utara dengan menawarkan pertemuan tingkat menteri di Seoul pada 12 Juni.

Seorang juru bicara Komite bagi Reunifikasi Damai Korea di Korut kemudian menyarankan pembicaraan awal di tingkat rendah pada Ahad di kawasan industri patungan Kaesong. Kementerian Unifikasi Korsel — yang menggunakan saluran baru yang dibuka kembali — setuju tetapi menyatakan Panmunjom akan menjadi tempat pertemuan yang lebih cocok. Agenda yang diusulkan untuk pembicaraan Selatan-Utara mencakup pembukaan kembali Kaesong, pemulihan kunjungan wisatawan ke kawasan wisata Gunung Kumgang di Utara dan reuni keluarga di lintas perbatasan.

Kawasan industri Kaesong, didirikan pada 2004 sebagai simbol kerja sama antar-Korea, merupakan korban dari ketegangan yang terjadi di antara keduanya. (FIT/ANT)