Tips Hindari Computer Vision Syndrom

 

 

 

Jakarta, Sayangi.Com – Di era teknologi serba canggih seperti dewasa ini, seseorang dapat menghabiskan waktu hingga 8 jam atau lebih di depan komputer atau gadget. Computer Vision Syndrom ( CVS ) pun mengancam.

Computer Vision Syndrome merupakan sindrom keluhan mata dan penglihatan akibat bekerja terlalu lama dengan menggunakan komputer atau gadget lainnya. biasanya karena sistem pencahayaan yang kurang bagus. Kemudian, aktivitas mata yang jarang berkedip ataupun posisi duduk yang tidak benar.

Pakar Kesehatan mata menjelaskan, sindrom ini juga bisa disebabkan oleh penggunaan perangkat genggam seperti iPhone atau iPod secara berlebihan, gejala yang biasanya terjadi adalah sakit kepala, mata kering, perih atau iritasi mata dan kelalahan. Kelelahan mata terhadap komputer ini dapat diatasi dengan sejumlah terapi antara lain:

1. Pejamkan mata sejenak
Biasanya dengan menatap atau melihat layar komputer atau perangkat digital lainnya, mata kita seringkali mengedip lebih sedikit dari biasanya. Hal ini dapat menyebabkan mata menjadi kering. Untuk itu berkediplah lebih sering karena dengan berkedip dapat membuat air mata membasahi seluruh indera penglihatan, bahkan jika ada waktu senggang pejamkanlah mata untuk beberapa saat. Namun jika cara ini tidak terlalu bekerja dengan baik, cobalah gunakan obat tetes mata. Selain itu juga pastikan bahwa penyejuk ruangan ( AC ) yang ada diruangan anda tidak meniup langsung tepat diwajah anda karena hal tersebut dapat menyebabkan mata anda menjadi lebih cepat kering.

2. Beristirahat 5 sampai 10 menit secara teratur
Apabila anda memiliki sebuah pekerjaan yang mengharuskan anda berinteraksi untuk waktu yang lama dengan komputer, maka luangkanlah 10 – 15 menit untuk berdiri, renggangkan badan anda atau dengan sekedar memandang di kejauhan dari layar monitor anda, karena ternyata cara ini ampuh untuk dapat memungkinkan mata beristirahat. Berilah kesempatan untuk melakukan hal tersebut setiap 15 menit.

2. Reposisi Komputer
Layar komputer harus berjarak sepanjang lengan anda dan posisinya langsung di depan wajah anda. Posisikan monitor agar bagian tengahnya berjarak 4 sampai 8 inchi dibawah mata anda, agar anda mendapatkan posisi leher yang rileks ketika anda mengetik ataupun membaca.

3. Lakukan panduan posisi duduk yang baik
Dengan melakukan posisi duduk yang benar, maka akan sangat berpengaruh karena hal ini akan mengurangi ketegangan di punggung, leher dan bahu anda.

4. Kurangi silau
Cobalah untuk memasang filter anti silau pada monitor komputer anda, selain itu ubah kontras dan tingkat terang pada layar monitor anda untuk mengurangi silau dan pantulan.

Demikian beberapa cara mudah dan sederhana untuk mengatasi mata lelah akibat terlalu lama berinteraksi dengan komputer, semoga bermanfaat. Selamat mencoba. (FIT)