Pangdam Prioritaskan Rumdin Prajurit TNI

Padang, Sayangi.com – Panglima Daerah Militer (Pangdam) I Bukit Barisan Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Burhanuddin Siagian menyatakan pembangunan perumahan dinas prajurit TNI lingkungan Kodam (Komando Daerah Militer) I Bukit Barisan mendapatkan prioritas utama.

“Pembangunan perumahan prajurit TNI dalam skala besar sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan prajurit,”kata Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Burhanuddin Siagian, di Padang, Minggu (9/6).

Menurut dia, persoalan penggunaan rumah dinas kerap menjadi batu kerikil bagi anggota TNI yang sudah memasuki masa pensiun, dimana belum tertampung di rumah dinas masih banyak jumlahnya, sebagian rumah dinasnya masih dihuni purnawirawan sehingga tidak bisa masuk.

“Tidak boleh lagi muncul persoalan tentang hak penggunaan rumah dinas di lingkungan TNI sebagaimana terjadi saat ini,”ujar dia.

Perumahan merupakan masalah pelik dan menjadi prioritas untuk tingkatkan kesejahteraan prajurit. “Pihaknya memang berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal bagi prajurit TNI aktif,”jelas Burhanuddin Siagian.

Dia mengatakan, KSAD sangat prihatian terhadap prajurit TNI-AD belum ada rumah, setiap Kodam yang ada di Indonesia terus dilakukan pembangunan perumahan bagi prajurit.

“Pembangunan rumah bagi prajurit TNI tidak dilakukan serentak, disebabkan anggaran negara belum sepenuhnya untuk membangun perumaha, masih banyak kebutuhan lain yang harus dilakukan,”kata dia.

Menurut dia, pembangunan perumahan bagi prajurit TNI diseluruh kodam dengan menggunakan pola rumah susun (Rusun) setara tower.

“Sekarang ini khusus Kodam I/Bukit Barisan telah dibangun pola rumah susun (Rusun) setara tower yakni Riau dan Medan. Setiap rusun dapat menampung sebanyak 76 kepala keluarga,”ujar dia.

Kodam I/Bukit Barisan akan mengusahakan untuk pembanguna pola rumah rusun setara tower di Sumbar. “Mudah-mudahan pembanguna terlaksana sehingga prajurit TNI di Sumbar yang merupakan korban gempa tahun 2009 dapat memiliki rumah,”ungkap dia.

Burhanuddin berharap ke depan lebih banyak lagi rumah susun setara tower maupun rumah tapak yang dibangun untuk masyarakat, khususnya prajurit dan PNS lingkungan Kodam I/Bukit Barisan. (HST/ANT)