Luis Enrique Latih Celta Vigo

Madrid, Sayangi.com – Celta Vigo mengonfirmasi bahwa mantan pelatih AS Roma Luis Enrique akan menjadi pelatih mereka untuk musim depan, setelah klub itu berpisah dengan Abel Resino.

Penunjukan Enrique dengan kontrak berdurasi dua tahun diumumkan pada Sabtu, hanya beberapa jam setelah mereka mengatakan bahwa pihaknya telah berpisah dengan Resino karena perbedaan filosofi.

“Luis Enrique telah menjadi pelatih baru di Celta Vigo setelah tercapai kesepakatan antara dirinya dan klub untuk dua musim mendatang,” demikian dilaporkan di situs resmi klub.

Enrique menikmati karir cemerlang saat masih bermain, di mana ia sempat membela Real Madrid dan Barcelona, namun setelah meraih kesuksesan sebagai pelatih tim Barca B antara 2008 sampai 2011, ia mengalami musim yang sulit saat melatih Roma pada musim 2011/2012.

Raksasa Italia itu finis di peringkat ketujuh Liga Italia sehingga tidak menembus kompetisi Eropa, dan pelatih 43 tahun itu pun mengundurkan diri.

Pada pernyataan awalnya, klub berterima kasih kepada Resino yang telah membawa klub selamat dari ancaman degradasi pada musim lalu, namun mengatakan bahwa kedua pihak sepakat bahwa yang terbaik bagi keduanya adalah membiarkan ia hengkang.

“Abel Resino dan Celta Vigo telah berpisah setelah tercapai kesepakatan antara kedua pihak untuk melalui jalan mereka masing-masing,” demikian bunyi pernyataan di situs resmi klub pada Sabtu.

“Ini adalah keputusan bersama yang diambil hari ini dengan mempertimbangkan bahwa tujuan musim lalu telah tercapai, itu adalah hal terbaik, karena baik sang pelatih maupun klub, memiliki perbedaan-perbedaan filosofi klub.” Resino (53) hanya bertugas selama empat bulan setelah menggantikan Paco Herrera pada Februari.

Bagaimanapun, Resino – yang telah melatih enam klub lain termasuk Atletico Madrid – berhasil membawa Celta ke zona aman pada hari terakhir Liga Spanyol musim lalu pada akhir pekan silam, ketika mereka menang 1-0 atas Espanyol yang dikombinasikan dengan kekalahan 0-1 yang diderita Deportivo la Coruna dari Real Sociedad, sehingga Celta dapat melompat ke peringkat 17.

Klub juga mengonfirmasi bahwa asisten pelatih Pepe Serer dan pelatih fisik Miguel Peiro akan meninggalkan klub. (RH/ANT)