Ghader Mizbani Juara Tour de Singkarak 2013

Padang, Sayangi.com – Ghader Mizbani menjuarai gelaran kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) yang berakhir di Padang, Minggu sejauh 1.057 km dengan catatan waktu 26.07.55.

Pebalap Tabriz Petrochemical Cycling Team (TPT) Iran untuk menjuarai kejuraaan yang diprakarsai Kemenparekraf dan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat ini tidak membutuhkan kemenangan dari tujuh etape yang digelar.

Prestasi terbaik pebalap dengan nomor start 61 ini adalah menjadi juara dua etape kelima yang finis di Kabupaten Solok Selatan, Di enam etape lainnya Ghader hanya beberapa kali masuk 10 besar tercepat saja.

Meski Ghader tidak mampu menjadi yang terbaik pada setiap etape, pebalap ini sangat berperan dalam mendukung rekan satu timnya untuk merebut juara etape. Terbukti rekan satu timnya menang dietape pertama lewat Hossein Askari dan etape tujuh oleh Mehdi Sohrabi.

Aura kemenangan Ghader Mizbani ini sebenarnya sudah terlihat sejak etape enam karena sudah memiliki selisih waktu yang cukup jauh dengan pebalap kedua dibawahnya yaitu Johan Coenen dari Team Differdange-Losch Luxemburg. Selisih waktunya lebih dari lima menit.

Dengan selisih waktu yang jauh, Ghader Mizbani terlihat bermain dengan aman di etape tujuh. Dia terus berada dirombongan besar yang didalamnya terdapat pebalap nomor dua yaitu Johan Coenen dan rekan satu timnya yang berada di nomor tiga yaitu Amir Kolahdozhagh.

Bermodal pengalamannya yang sering turun di Indonesia, juara Tour d’Indonesia 2005 ini tetap tenang meski beberapa pebalap yang merada dibelakangnya terus menekan. Akhirnya Ghader Mizbani mampu finis dengan baik didepan Kantor Gubernur Sumatra Barat.

Selain menjadi yang terbaik untuk kategori individu, Ghader Mizbani juga membawa timnya yaitu Tabriz Petrochemical Cycling Team menjadi tim terbaik pada kejuaraan yang sudah masuk kalender UCI untuk kelima kalinnya ini.

TPT hingga etape tujuh mampu membukukan catatan waktu 78.27.38. Untuk posisi dua diduduki oleh Budget Forklifs Australia dengan catatan waktu 78.56.00 dan posisi tiga diduduki Timnas Indonesia waktu 79.05.51.

Pada etape terakhir ini semua pemangku kepentingan hadir untuk memberikan dukungan termasuk Menpora Roy Suryo dan Wamenparekraf Sapta Nirwandar. Bahkan keduanya melihat secara langsung proses finis kejuaraan Tour de Singakarak 2013.

Tour de Singkarak 2013 terbagi dalam tujuh etape. Sebanyak 17 kabupate/kota yang ada di Sumatra Barat dilintasi oleh pebalap dari 21 tim baik lokal dan internasional. Adapun hadiah yang diperebutkan mencapai Rp1,2 miliar. (RH/ANT)