Mango and Sticky Rice, Primadona Dessert Thailand

Thailand, Sayangi.com – Jika datang ke Thailand, tak lengkap rasanya jika tak mencicipi jajanan khas Negeri Gajah Putih tersebut. Mulai dari jajanan ala resto hingga jajanan kaki lima yang tak kalah nikmatnya. Olahan serba seafood selalu menjadi santapan wajib saat berkunjung di Thailand. Tapi jangan lupa pula untuk menyantap hidangan penutup yang terbuat dari ketan putih dan dihidangkan bersama potongan mangga yang segar dengan saus santan yang disiram begitu saja di atasnya.

Makanan penutup yang dinamakan Mango and Sticky Rice itu memiliki rasa yang unik. Ketika reporter Sayangi.com melakukan perjalanan ke Thailand dan mencoba mencicipinya, rasanya tidak bisa berhenti menyuapkan hidangan penutup itu ke mulut.

Paduan ketan kukus yang masih hangat dipadukan dengan saus santan kental yang gurih tapi tidak terasa eneg.  Dingin dan manis asamnya potongan mangga yang segar menambah komplit hidangan penutup satu ini. Semua sempurna lumer di mulut. Tak lupa ada rasa krenyes-krenyes yang gurih dari kacang kapri yang dicacah kasar melengkapi hidangan penutup yang memiliki paduan unik ini. Cocok sebagai penutup makanan seafood Thailand yang memiliki rasa pedas yang pekat. Karena meski menggunakan santan, penganan ini tidak terasa berat di lidah.

Di beberapa versi, makanan penutup ini kadang disajikan dengan susu kental manis putih yang menambah rasa manis ketan kukus. Selain itu, ada pula yang menambahkan wijen sebagai pengganti cacahan kacang kapri. Tapi soal rasa, versi yang sedang kami cicipi terasa lebih otentik dan bikin ketagihan. Jadi, jika singgah ke Thailand, jangan hanya mencicipi menu seafoodnya. Hidangan penutup ini juga wajib untuk dicicipi. (FIT)