Sri Sultan: Taufiq Pencetus Empat Pilar Kebangsaan

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan mengenal sosok Ketua MPR RI Taufiq Kiemas sebagai orang yang mencetuskan empat pilar kebangsaan bagi bangsa Indonesia.

“Saya mengenal beliau dengan empat pilar sebagai suatu kebangsaan. Bagaimana supaya bangsa ini tetap utuh,” kata Sultan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (9/6).

Ia mengatakan terakhir bertemu dengan Taufiq Kiemas sekitar dua tahun lalu dalam acara empat pilar kebangsaan di Yogyakarta.

“Sosok Taufiq Kiemas melalui empat pilarnya menunjukkan bahwa Bangsa Indonesia ini jangan sampai pecah. Kebhinekaan yang ada adalah untuk mempersatukan bangsa Indonesia ini. Saya kira beliau orang yang bisa menempatkan diri dan mau mendengar pendapat orang lain. Kami sangat kehilangan dan berduka cita,” paparnya.

Di tempat yang sama, Menko Polhukam Djoko Suyanto mengatakan turut berbelasungkawa atas wafatnya suami dari mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri ini.

“Kita kehilangan tokoh pemersatu. Beliau begitu gigih dan ‘fight’ dalam sosialisasi konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara dalam empat pilar kebangsaan. Mudah-mudahan arwah beliau diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa,” kata Djoko.

Taufiq Kiemas meninggal dunia pada pukul 19.05 waktu Singapura akibat penyakit yang dideritanya. Sebelumnya Taufiq menjalani serangkaian acara di Ende, NTT. (HST/ANT)