Akhir Mei, Cadangan Devisa RI Menyusut

Jakarta, Sayangi.com – Bank Indonesia menyatakan bahwa terjadi penurunan cadangan devisa RI pada akhir Mei 2013 sebesar 105 miliar dolar Amerika Serikat (AS). Hal tersebut disampaikan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, pada Jumat (7/6).

“Terjadi penurunan sebesar 2,3 miliar dolar AS, jika dibandingkan dengan cadangan devisa bulan April 2013 yang mencapai 107,3 miliar dolar AS,” kata Agus.

Ia menambahkan, BI akan senantiasa menjaga stabilitas nilai tukar rupiah, dan hal tersebut memberi implikasi kepada menurunnya cadangan devisa RI pada Bulan Mei 2013.

“Ini (menurunnya cadangan devisa RI) merupakan akibat dari langkah intervensi untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah yang sempat melambung,” katanya.

Demi menjaga stabilitas perekonomian nasional, BI dan pemerintah juga akan terus mengikuti perkembangan ekonomi dunia, sehingga dapat menentukan langkah operasi moneter yang tepat. Ia juga menilai hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar, mengingat kondisi perekonomian global masih tidak menentu. (MI)