Rekor Pertama Vettel di Dataran Amerika Utara

Montreal, Kanada, Sayangi.com – Juara dunia tiga kali pebalap Red Bull, Sebastian Vettel, mencetak rekor kemenangan pertama di dataran Amerika Utara setelah memenangi perlombaan Formula Satu Kanada Grand Prix, Senin dinihari tadi (10/6). Hasil ini sekaligus mengokohkan posisinya di klasemen sementara pembalap dengan total 132 point, unggul 36 angka dari pesaing terdekat Fernando Alonso dari tim Ferrari. 

Pebalap berusia 25 tahun dari Jerman itu memenangi perlombaan ke-29 dalam karirnya, dengan keunggulan 14,4 detik dari saingannya Fernando Alonso dari Spanyol, yang bernaung di bawah bendera Ferrari.

Pebalap asal Inggris, Lewis Hamilton, yang sebelumnya pernah menang tiga kali di Montreal, naik podium di urutan ketiga untuk tim Mercedes, setelah dilewati Alonso tujuh putaran sebelum menyentuh finis.

“Ini balapan luar biasa dan saya mengawalinya dengan bagus dana itu yang terpenting,” kata Vettel.

“Akhirnya kami mendapatkan kemenangan pertama kami, ini amat menakjubkan bagi kami,” katanya.

Rekan setim Vettel, Mark Webber dari Australia, berada di urutan keempat dan membuat catatan waktu tercepat pada salah satu putaran. Ia mengalami kerusakan sayap kendaraannya ketika bertabrakan dengan pebalap “rookie” dari Belanda Giedo van der Garde (Caterham).

Pebalap Jerman, Nico Rosberg, pemenang lomba sebelumnya di Monaco bersama Mercedes, menyentuh garis akhir sebagai pebalap kelima.

Kemenangan Vettel itu merupakan yang ketiga dari tujuh putaran musim ini sedangkan Alonso menyodok dari urutan keenam ke urutan kedua melewati Kimi Raikkonen, juga ke tangga kedua klasemen umum.

“Kami mendapatkan poin bagus pada minggu sulit ini,” kata pebalap Spanyol itu.

Raikkonen, juara 2007, mengakhiri lomba di urutan kesembilan di atas Lotus.

Kendari menunjukkan dominasinya di olahraga itu dalam beberapa tahun ini, tetapi Vettel belum pernah menang di Kanada dan di Amerika Serikat, sebelum mengakhiri rasa dahaganya di dataran negara itu Minggu – kendati sempat terbentur ke pengaman lintasan serta “overran” di salah satu tikungan saat memimpin di urutan terdepan.

“Itu merupakan peringatan padanya, karena ia terlalu jauh di depan dan hal itu dapat membuat hilang konsentrasi. Ia melakukannya dengan amat baik,” kata Tim Prinsipal Red Bull, Christian Horner.

Vettel memimpin perlombaan dari posisi grid pertama pada sepanjang lomba dan mendominasi selama 70 putaran. Ia tidak berada di urutan terdepan hanya dalam tiga putaran (lap) ketika ia melakukan “pit stop” pertama untuk mengganti ban dan ketika itu Hamilton berada di urutan terdepan.

Vettel tetap memimpin hampir setengah putaran, termasuk Raikkonen, sebelum membuat jarak semakin jauh dan akhirnya lima kendaraan terdepan beruntun menyelesaikan balapan di sirkuit jalanan di Montreal, di bawah sinar matahari, setelah kawasan itu disiram hujan selama dua hari.

McLaren gagal mendapatkan angka, di lintasan tempat mereka memenangi perlombaan empat kali dari lima lomba terakhir, untuk pertama kalinya dalam 65 lomba.

Mantan juara Williams juga tidak dapat poin dalam lomba itu, padahal pebalap “rookie” dari Finlandia Valtteri Bottas mengawali lomba dari urutan ketiga, seperti dilakukannya berurutan dalam delapan lomba.

Vettel kini memiliki 132 poin, disusul Alonso (96), Raikkonen “Kami melakoni balapan hebat hari ini. Kami bekerja sama dan dapat memenanginya. Saya kalah di sini dua tahun lalu, karena kesalahan saya, dan saya memperbaikinya hari ini,” kata Vettel. (RH/ANT)