Pertamina Soccer Stars

Palembang, Sayangi.com – PT Pertamina (Persero) kembali menjalankan program beasiswa bagi pesepak bola muda dalam “Pertamina Soccer Stars” dengan menggelar seleksi di enam kota Indonesia, 22 Juni-7 Juli 2013.

“Program ini kembali dijalankan sebagai bentuk komitmen perusahaan bagi masa depan generasi muda Indonesia terutama akan prestasi Tim Nasional,” kata Brand Manajer PT Pertamina Agus Mashud dalam acara peluncuran program beasiswa tersebut di Palembang, Senin.

Acara itu juga dihadiri, Asisten Manajer Humas Pertamina UPMS II Sumsel Robert MV, Sekretaris PSSI Kota Palembang Mashud Dairan, Kepala Bagian Bidang Pembinaan Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel Yusuf Wibowo, dan Ketua Tim Seleksi Adi Ramadhani.

Ia mengemukakan, ajang seleksi itu pertama kali akan digelar di Balikpapan dan Malang (22-23 Juni), Palembang dan Makassar (29-30 Juni), Sorong (5-6 Juli), dan Jakarta (6-7 Juli).

“Akan diambil delapan pesepak bola muda pada setiap kota yang didatangi sehingga terkumpul sebanyak 48 orang anak. Kemudian, setelah menjalani pelatihan selama sepekan di Bandung akan diciutkan hanya 24 orang nantinya terdaftar sebagai penghuni Pertamina Soccer School di Jakarta,” ujarnya.

Ke-24 anak muda berusia 13-16 tahun itu akan bergabung dengan penerima beasiswa tahun 2012 menjalani pelatihan berstandar internasional di bawah arahan pelatih AC Milan Academy dan pelatih lokal dari Universitas Negeri Jakarta.

“Dalam masa tiga tahun itu, para penerima beasiswa akan tetap bersekolah dengan cara “homeschooling” sehingga benar-benar fokus untuk meningkatkan kemampuan sebagai pesepakbola,” ujarnya.

Sementara, Adi Ramadhani mengatakan penyelenggara di Palembang membatasi hingga 500 orang untuk mengikuti seleksi, sehingga bagi yang berminat diharapkan segera mendaftar di sekretariat di Stadion Bumi Sriwijaya.

“Seleksi hari pertama akan difokuskan pada keterampilan individu terutama dalam mengocek bola, kemudian hari kedua pada tes fisik yang mengacu pada ketentuan FIFA yakni dengan mengamati kekuatan dan daya tahan tungkai,” katanya.

Kepedulian perusahaan perminyakan itu pada pembinaan pesepak bola muda berbakat telah dilakukan sejak tahun 2011 dalam program AC Milan Junior Camp. Kota Palembang senantiasa disambangi hingga tahun ke-3 penyelenggaran yang pada 2013 telah berganti nama menjadi Pertamina Soccer Stars. (RH/ANT)