Argentina Cemaskan Kebugaran Messi

Paris, Sayangi.com – Belum fitnya kondisi bintang Argentina Lionel Messi membuat tim Tango kuatir saat melawat ke Ekuador untuk memainkan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014.

Kemenangan akan memastikan tempat bagi juara dunia dua kali itu di perhelatan akbar tahun depan di negara tetangga Brazil, namun tanpa Messi, Argentina bukanlah tim yang sama.

Rgentina memimpin klasemen kualifikasi dengan keunggulan lima angka dari Kolombia setelah kedua tim itu bermain imbang di Buenos Aires pada Jumat, namun pertandingan itu memperlihatkan betapa pentingnya penyerang Barcelona itu terhadap tim.

Messi hanya bermain pada setengah jam terakhir pada pertandingan tersebut dan setelah pertandingan rekan seklub dan rekannya setimnya di timnas Javier Mascherano mengakui tim tidak sama tanpa kehadiran dirinya.

“Tentu saja jika setiap orang berpikir bahwa kami tidak akan mencemati absennya dia, mereka keliru. Terdapat alasan mengapa ia menjadi pemain terbaik di dunia,” kata Mascherano.

Penyerang Manchester City Sergio Aguero setuju. “Anda selalu mencermatinya ketika Leo berada di tim, namun kami harus mengatur diri kami sendiri ketika ia tidak ada (di tim),” tambahnya.

Masalahnya adalah Messi telah menderita cedera pangkal paha selama beberapa waktu.

Itu adalah cedera yang sama yang membuat ia hanya tampil sebentar saat Barca dipermalukan 0-7 oleh Bayern Munich di semifinal Liga Champions sebulan silam.

Menurut laporan pers, pelatih Argentina Alejandro Sabella masih tetap tidak yakin apakah akan mengambil resiko untuk memainkan Messi sejak awal atau menyimpannya di bangku pemain cadangan.

Selain itu, kemenangan akan membuat Argentina mengoleksi 28 angka yang semestinya sudah cukup untuk mengamankan satu dari empat spot kualifikasi, serta menghalangi laju kemenangan dari sejumlah rival.

Salah satu rival yang harus menorehkan hasil bagus adalah Uruguay, semifinalis Piala Dunia 2010 dan juara bertahan Piala Amerika.

Mereka berada di situasi sulit setelah hanya meraih dua angka dari enam pertandingan kualifikasi terakhirnya.

Hasil itu membuat mereka terlempar dari posisi empat besar dan bahkan peringkat kelima yang mendapat tiket untuk memainkan playoff.

Uruguay berada di peringkat ketujuh dan tertinggal lima angka dari Chile yang menempati spot lolos otomatis terakhir, serta tertinggal tiga angka dari Venezuela yang menduduki peringkat kelima, yang akan membuat mereka memainkan pertandingan playoff melawan tim Asia.

Setelah memulai perjalanan mereka dengan tiga kemenangan dan dua hasil imbang, Uruguay terjun bebas, ditaklukkan Kolombia 0-4, Argentina 0-3, dan Bolivia 1-4.

Mereka melawat ke Venezuela dengan mengetahui bahwa kekalahan dapat membuat mereka hampir dipastikan tersisih.

Chile menjamu Bolivia, yang berada di peringkat kedua dari bawah, dan jika mereka menang dan Uruguay kalah, mereka akan unggul delapan angka bersih.

Pertandingan terakhir pada Selasa akan mempertemukan Kolombia yang menjamu Peru, yang unggul satu angka atas Uruguay.

Tim juru kunci Paraguay, finalis Piala Amerika dan perempat finalis Piala Dunia 2010 tidak bermain pada putaran kali ini.

Jadwal pertandingan (waktu dalam GMT): Kolombia vs Peru (15.30), Ekuador vs Argentina (16.00), Venezuela vs Uruguay (19.30), Chile vs Bolivia (20.30). (RH/ANT)