Menkeu: Integritas, Syarat Utama Hakim Pajak

Jakarta, Sayangi.com – Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri memberikan syarat utama bagi seorang hakim pajak. Syarat tersebut adalah integritas yang tinggi.

Menurut Chatib, syarat tersebut menjadi keharusan bagi hakim di Pengadilan Pajak yang saat ini sedang melakukan perekrutan oleh Kementerian Keuangan.

“Tentunya yang lebih baik integritasnya, sehingga pengadilan pajaknya bisa lebih kredibel, itu yang kita harapkan,” kata Menkeu di Jakarta (9/6/2013).

Dengan adanya hakim pajak yang berintegritas tinggi kata Menkeu, masyarakat akan percaya terhadap Pengadilan Pajak. Dampaknya jelas dia, proses penyelesaian kasus-kasus pajak yang selama ini masih menumpuk dapat dipercepat.

“Mudah-mudahan prosesnya bisa lebih cepat, tapi yang paling penting kepercayaan atau integritas pengadilan pajak lebih penting, karena kalau kepercayaan dan kredibilitas itu tidak muncul atau tidak dipercaya orang, maka apapun yang dibuat, prosesnya akan lebih sulit,” jelasnya.

“Kalau kita mau membangun kredibilitas harus dengan hakim-hakim yang baik.”

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Kementerian Keuangan membuka seleksi penerimaan Hakim Pengadilan Pajak tahun anggaran 2013. Seleksi tersebut dilakukan untuk mengisi kebutuhan hakim pada lembaga tersebut. Pendaftarannya sendiri telah berakhir pada 20 Mei 2013 lalu. Saat ini proses perekrutan masih dilaksanakan hingga ditetapkannya nama-nama hakim Pengadilan Pajak baru.