TKI Mengamuk, Bakar KJRI Jeddah

Jakarta, Sayangi.com – Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi mengamuk dan membakar Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Arab Saudi Minggu (9/6). Demikian informasi yang diterima Sayangi.com dari Anggota Komisi IX DPR RI Poempida Hidayatulloh, Senin (10/6).

“Sepengetahuan saya demo TKI di KJRI sudah terjadi beberapa bulan terakhir ini. Nampaknya, pembakaran KJRI nampak sebagai puncak amarah para TKI yang tidak juga jelas status mereka,” katanya.

Politisi Golkar ini mengatakan bahwa dalam Raker Komisi IX dengan Menakertrans pada dua dua minggu yang silam telah menanyakan proses amnesti bagi TKI yang “overstay di Saudi Arabia. Minggu lalu pun saya menanyakan kepada BNP2TKI hal yang sama, saat pembahasan RAPBN-P 2013,” kata Poempida.

Poempida juga menyebut bahwa dirinya telah melaporkan adanya 300 an TKI yang terkatung-katung di Saudi Arabia. Namun demikian, menurutnya, respon yang tegas tidak juga kunjung datang dari kedua lembaga yang berwenang dalam masalah TKI ini.

Menurut Poempida, hal tersebut jelas menambah tumpukan masalah TKI yang tak kunjung terselesaikan. Selain itu, Poempida juga kembali mengingatkan pimpinan DPR untuk segera membentuk Timwas TKI karena pengaruh politis DPR sangat diperlukan dalam menyelesaikan masalah lintas sektoral dan lintas nasional.

“Penyelesaian masalah TKI yang menumpuk ini dapat diakselerasi jika DPR dapat memaksimalkan hak pengawasannya secara intensif,” himbau Poempida. (HST)