Polda Jabar Siap Amankan Pelantikan Gubernur

Bandung, Sayangi.com – Polda Jabar gelar pasukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya aksi teror pada saat pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar periode 2013-2018 di Gedung Merdeka Kota Bandung, Kamis (13/6).

“Gelar pasukan hari ini merupakan persiapan akhir untuk pengamanan Pelantikan Gubernur Jabar Kamis lusa, semuanya sudah siap fokus antisipasi demo, kemacetan dan juga terorisme,” kata Kapolda Jabar Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya pada Apel Siaga Pengamanan Pelantikan Gubernur Jabar 2013-2018 di Mapolda Jabar, Selasa (11/6).

Menurut Kapolda, pihaknya mengerahkan 4.200 personil yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP dan Dishub untuk mengamankan prosesi tahapan akhir dari proses Pilkada Jabar itu. Gelar pasukan dilakukan di Mapolda Jabar diikuti oleh seluruh unsur terkait yang terlibat dalam pengamanan Pelantika Gubernur Jabar itu.

Terkait antisipasi terorisme, kata Kapolda tetap menjadi fokus menyusul terungkapknya sejumlah kasus pelaku teror di sejumlah daerah di Jabar seperti di Bandung, Tasikmalaya, Bekasi dan beberapa daerah lainnya. Meski tidak menjurus langsung kepada aparat birokrasi, namun menurut Kapolda pihaknya tetap melakukan antisipasi secara maksimal, termasuk menurunkan tim anti huru hara dan Brimobda Polda Jabar.

“Pengamanan dilakukan dalam tiga ring di kawasan Gedung Merdeka, setiap ring sudah ada prosedur tetapnya. Ring satu di dalam Gedung Merdeka, ring dua di luar hingga ring tinga dalam radius 300 meter dari gedung bersejarah itu,” kata Kapolda.

Selain mengerahkan 4.200 personil, pengamanan pelantikan Gubernur Jabar itu juga diperkuat dengan sejumlah kendaraan taktis, water canon, panser serta beberapa peralatan lainnya. Secara umum menurut Kapolda, Kamtibmas di Jawa Barat saat ini cukup kondusif dan terkendali.

Kekhawatiran kemungkinan adanya terorisme disampaikan oleh Gubernur Jabar H Ahmad Heryawan yang juga akan dilantik pada acara Kamis lusa bersama Wagub H Deddy Mizwar saat menyampaikan sambutan pada gelar pasokan itu.

“Pengamanan kami serahkan kepada Polda Jabar karena sudah ada protapnya, termasuk salah satunya antisipasi terorisme menyusul adanya beberapa pengungkapan terisme di Jabar,” kata Gubernur menambahkan. (HST/ANT)