PDI Perjuangan: Pengganti TK Ditentukan Megawati

Jakarta, Sayangi.com – Pengganti almarhum Taufiq Kiemas sebagai Ketua Majelis Perwakilan Rakyat Rakyat Indonesia (MPR RI) hanya bisa ditentukan oleh Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Demikian dinyatakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi PDI Perjuangan TB Hasanuddin.

Wakil Ketua Fraksi PDI -Perjuangan ini mengatakan sementara ini partainya masih belum membahas calon-calon pengganti Taufiq Kiemas. Kursi TK, panggilan akrab Taufiq Kiemas, hanya bisa digantikan oleh kader PDI-Perjuangan lantaran TK adalah kader PDI-Perjuangan.

“Tentu keputusan ada di Ibu Mega sebagai ketua umum,” kata TB Hasanuddin di kompleks gedung DPR RI, Senayan-Jakarta, Selasa (11/6).

Menurutnya, figur yang dicari untuk menggantikan TK adalah sosok yang mampu memimpin, bisa menjadi mediator seluruh kader-kader PDI-Perjuangan. Namun, Hasanuddin meragukan dan kesulitan menemukan sosok yang bisa melebihi TK yang juga penggagas empat pilar bangsa tersebut.

Menurut Hasanuddin, figur yang mungkin menggantikan TK bisa dilihat dari struktur pengurus DPP dan Fraksi di DPR.

“Kita lihat dari  struktur dulu. Struktur yang ada di  DPR, ada Pramono Anung Wakil Ketua DPR, Mbak Puan Maharani Ketua Fraksi, strukturnya seperti itu. Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan yang memiliki jabatan tertinggi di DPP ya Sekjen DPP Tjahjo Kumolo. Paling senior di DPR RI plus Ketua DPP ya Pak Sidarto.  Keputusan akhir ada pada Ibu Megawati,” pungkasnya. (HST)