Wahh… Katanya, Konvensi Demokrat Akan Melibatkan Rakyat

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Sutan Bathoegana mengatakan konvensi Demokrat dalam penjaringan pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden akan diselenggarakan pada Agustus 2013 mendatang.

“Sekarang lagi membentuk tim dan buat materi. Apa saja syarat-syaratnya dan bagaimana permainannya nanti,” kata Sutan di komplek Gedung DPR, Senayan-Jakarta, Selasa (11/6).

Menurut Sutan, konvensi partai besutan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu akan melibat rakyat melalui lembaga survei. Ada tiga lembaga survei independen yang akan diundang untuk melakukan survei kapada rakyat nusantara. “Di sana nanti kita survei orang-orang yang dianggap layak jadi pemimpin bangsa ini. Lembaga survie Indonesia (LSI) milik Saiful Mujani, salah satu lembaga survei yang kita undang karena langganan demokrat,” katanya.

Lebih lanjut Sutan menambahkan konvensi yang dilakukan demokrat itu berbeda dengan konvensi yang pernah diselenggarakan Partai Golkar. Jika di Golkar hanya yang memilih DPD, DPC golkar sendiri, maka di Demokrat melibatkan rakyat.

Selain itu, Sutan juga memastikan jika konvensi akan bersih dari money politics. Menurutnya, jika melibatkan rakyat banyak tidak akan ada politik uang. Kalau hanya sekedar transport, hal tersebut tidak termasuk dalam kategori money politics, lanjut Sutan.

“Bagaimana cara ngasih duitnya. Kalau transport itu biasa saja. Gak mungkin satu orang dikasih 5 juta. Meninggal Indonesia. Rp. 500 ribu saja sudah banyak,” katanya. (HST)