Taliban Bebaskan Sandera Kirghizstan

 

 

 

Kabul, Sayangi.com – Taliban Afghanistan Selasa (11/06) mengumumkan telah membebaskan seorang sandera Kirghizstan yang mereka tangkap pada April setelah satu helikopter mendarat darurat di wilayah selatan pegunungan Kabul.

Para gerilyawan militan menculik pria Kirghizstan itu bersama dengan delapan warga negara Turki, Rusia dan seorang penerjemah Afghanistan pada 21 April setelah helikopter mereka melakukan pendaratan darurat di Provinsi Logar.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mengatakan kepada AFP melalui telepon dari lokasi yang tidak diketahui, bahwa sandera tersebut dibebaskan sebagai isyarat niat baik untuk pemerintah Kirghizstan.

Para militan sebelumnya membebaskan warga Turki menyusul penculikan orang asing terbesar di Afghanistan dalam hampir enam tahun, menyoroti ketidakamanan negara itu terus berlanjut ketika pasukan tempur NATO mempersiapkan diri untuk ditarik tahun depan.

Seorang Rusia dan seorang penerjemah Afghanistan masih ditahan, kata juru bicara, dan menambahkan bahwa orang-orang itu kini sedang diselidiki.

Mujahid mengatakan warga Khirghizstan tersebut dibebaskan “sebagai seorang Islam dan isyarat kemanusiaan bagi negara Islam itu “.

Ditanya mengapa warga Afghanistan belum dibebaskan, kata juru bicara pemberontak, dia sedang diselidiki untuk “kemungkinan ada kaitannya dengan badan-badan intelijen”. Tetapi menambahkan, bahwa kelompok pemberontak tidak akan mengeksekusinya.

Turki, salah satu dari hanya dua anggota NATO yang mayoritas Muslim, memiliki sekitar 1.800 tentara yang bertugas dengan koalisi militer pimpinan AS, namun mereka tidak mengambil bagian dalam operasi tempur. Kirghizstan tidak mengirimkan militer ke Afghanistan. (FIT/Ant)