Enam Orang Lulus Seleksi Calon Hakim Pajak

Jakarta, Sayangi.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengumumkan enam orang lulus tes pengetahuan perpajakan dalam Seleksi Penerimaan Hakim Pengadilan Pajak Tahun Anggaran 2013.

Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Hakim Pengadilan Pajak Tahun Anggaran 2013 Kiagus Ahmad Badaruddin dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (11/6/2013) menyebutkan enam orang tersebut berhak untuk mengikuti tes selanjutnya.

Enam orang tersebut adalah Erwin Silitonga, Haposan Lumban Gaol, Masdi, Muhammad Amin, R. Soerjanto, dan Suryadi.

Menurut Kiagus yang juga Sekretaris Jenderal Kemenkeu ini, mereka akan mengikuti tes berikutnya yang meliputi tes kepribadian dan “self assessment”. Tes tersebut akan dilaksanakan pada 17 Juni 2013. Selain itu, tes di “Assessment Center” pada 18 Juni 2013. Kedua tes itu akan dilaksanakan di Lantai Mezzanine Gedung Djuanda I Kemenkeu Jalan Wahidin Raya Nomor 1 Jakarta.

Sebelumnya, Kemenkeu mengumumkan 24 orang lulus seleksi administrasi dalam rangka penerimaan hakim Pengadilan Pajak tahun anggaran 2013. Mereka berhak mengikuti Tes Pengetahuan Perpajakan pada tanggal 3 Juni 2013 di Jakarta.

Tes Pengetahuan Perpajakan terdiri atas umum, khusus, dan analisis kasus berbentuk esai. Tes umum terdiri atas pengetahuan hukum, pengetahuan perpajakan (pajak pusat dan daerah), dan pengetahuan kepabeanan dan cukai.

Adapun pengetahuan perpajakan khusus terdiri atas perpajakan (antara lain, pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, penagihan pajak dan pajak daerah), serta kepabeanan dan cukai.