Konflik Suriah Memanas, 60 Warga Tewas

 

 

 

Beirut, Sayangi.com – Setidaknya 60 warga Syiah tewas di satu desa Suriah timur dalam baku tembak dengan para petempur pemberontak Selasa, sehari setelah mereka menyerang satu pos oposisi, kata satu kelompok pemantau.

Penduduk desa Syiah yang bersenjata menyerang satu pos pemberontak kemarin dan menewaskan dua orang. Hari ini pemberontak menyerang desa itu dan menguasainya, membunuh 60 warga Syiah, sebagian besar dari mereka petempur,” kata Rami Abdel Rahman, direktur Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia kepada AFP. Bentrokan itu terjadi di desa Hatlah yang berpenduduk mayoritas Sunni, di Provinsi Ezzor Deir.

Setidaknya 10 anggota pemberontak juga tewas dalam pertempuran Selasa dan kemudian aksi kekerasan yang menyebabkan penduduk Syiah desa Hatlah melarikan diri, kata Abdul Rahman.

Pemerintah Suriah, yang memerangi pemberontakan selama lebih dari dua tahun, membentuk milisi-milisi lokal di beberapa daerah negara itu, melatih dan mempersenjatai masyarakat yang bersimpati.

Konflik itu terjadi antara oposisi yang didominasi Sunni melawan pemerintah Suriah yang dipimpin Presiden Bashar al-Assad, yang berasal dari sekte Alawi, bagian dari Syiah.

Pertempuran terus berlangsung, dengan kedua pihak saling menuduh pihak lain melakukan pembantaian masyarakat yang berbeda aliran. (FIT/Ant)