Gedung Putih Himbau Pemerintah Turki Lakukan Dialog Publik

Amerika Serikat, Sayangi.com – Gedung Putih mengatakan pada hari Selasa (11/06) prihatin dengan upaya di Turki untuk menghukum pengunjuk rasa menuntut dibatalkannya proyek Taman Gezi. Pihak Gedung Putih menganggap harusnya ada dialog untuk memberikan kebebasan bicara pada masyarakat agar dapat segera menemukan solusi atas perbedaan pendapat yang terjadi antara pemerintah dan para pengunjuk rasa. 

“Kami terus mengikuti peristiwa di Turki dengan rasa penuh keprihatinan, Menurut kami, kami tetap mendukung kebebasan berekspresi dan berkumpul, termasuk hak untuk protes secara damai,” kata juru bicara Gedung Putih Caitlin Hayden dalam sebuah pernyataan.

“Kami percaya bahwa stabilitas Turki akan lama terjaga jika keamanan, dan kemakmuran dijamin dengan menjunjung tinggi kebebasan dasar berekspresi, berkumpul, berserikat, dan tentu saja media yang bebas dan tetap menjadi independensinya. Turki merupakan kawan baik sekaligus sekutu Amerika Serikat. Kami harap Turki bisa menegakkan kebebasan yang merupakan hak fundamental warga negara,” jelasnya. (FIT/Reuters)